Detail Cantuman Kembali
WAHYUDI SURYANATA - Personal Name

UJI ANTROPOMETRI INTERVAL PRODUK EMULSI OXIMATA®TERHADAP INDUKSI DIABETES MENGGUNAKAN ALOKSAN PADA MENCIT (Mus muscullus) JANTAN

WAHYUDI SURYANATA, Uji Antropometri Interval Produk Emulsi Oximata® Terhadap Induksi Diabetes Menggunakan Aloksan Pada Mencit (mus muscullus) Jantan. Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman. 2019. (Dibawah bimbingan Anton Rahmadi dan Marwati)
Produk Oximata®adalah salah satu produk pangan fungsional berupa sirup emulsi. Hasil formulasi minyak sawit merah, sari labu kuning dan sari buah naga yang kaya akan antioksidan, seperti beta-karoten, alfa-tokoferol, tokotrienol dan vitamin C, yang dipercaya sebagai suplemen kesehatan.Penelitian ini akan meneliti pengaruh pemberian produk Oximata® pada hewan coba dengan uji antropometri interval. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan indeks massa tubuh mencit yang diberi produk Oximata®dan mengetahui pengaruh pemberian produk Oximata®pada mencit yang telah diinduksi diabetes menggunakan aloksan.
Penelitian ini disusun menggunakan rancangan penelitian Quasi-eksperimen. Penelitian quasi-eksperimen adalah penelitian yang dilakukan dengan sengaja oleh peneliti yang bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh perubahan yang timbul akibat perlakuan, sedangkang mode eksperimen yang digunakan adalah pretes and posttest with control design yang membuktikan sebab-akibat diperoleh melalui komparasi/perbandingan. Kelompok eksperimen (yang diberikan perlakuan) dengan kelompok kontrol (yang tidak diberi perlakuan) danKondisi subjek sebelum diberikan perlakuan (pretest) dengan yang sudah diberikan perlakuan (postest).
Hasil penelitian terbagi dari beberapa parameter, parameter berat badan, lingkar badan, panjang badan (PM-PE), suhu badan, lingkar kepala, dan panjang badan (PM-PA). Parameter indek massa tubuh(IMT) dan indeks lee(IL) diperoleh dari penjumlahan beberapa parameter diatas. Perlakuan bermakna berpengaruh nyata pada parameter berat bada, lingkar badan, serta IMT. Sedangkan pada parameter panjang badan (PM-PA), lingkar kepala, panjang badan(PM-PE), suhu badan dan IL perlakuan tidak memberikan pengaruh yang nyata.

Kata kunci :Oximata®, Antropometri, Aloksan, Betakaroten, IMT.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI ANTROPOMETRI INTERVAL PRODUK EMULSI OXIMATA®TERHADAP INDUKSI DIABETES MENGGUNAKAN ALOKSAN PADA MENCIT (Mus muscullus) JANTAN
Pengarang WAHYUDI SURYANATA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Oximata®, Antropometri, Aloksan, Betakaroten, IMT.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua