PENINGKATAN AKTIVITAS, INTERAKSI, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA 2016/2017
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkanaktivitas, interaksi, motivasi dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada kelas II SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 4 Samarinda dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II.3 SD Muhammadiyah 4 Terpadu dan objek penelitian adalah aktivitas, interaksi, motivasi, hasil belajar IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Penelitian ini dilaksanakn dengan 3 siklus dimana setiap siklus ada 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes data yang disajikan dalam paparan naratif, rata-rata, dan persentase. Dari hasil analisis diperoleh bahwa aktivitas guru siklus I 41%, pada siklus II meningkat menjadi 75,93% dan pada siklus III juga mengalami peningkatan menjadi 94,43% dengan predikat “tinggi”. Sedangkan pada pada aktivitas siswa siklus I 73%, pada siklus II meningkat menjadi 86%, dan pada siklus III juga meningkat menjadi 91,1% dengan predikat “tinggi”. Selanjutnya pada aspek interaksi belajar siswa secara individu mengalami peningkatan pada siklus I (69,1%), pada siklus II menjadi (82,1%), dan pada siklus III mengalami peningkatan (90%). Pada aspek motivasi siswa secara individu mengalami peningkatan pada siklus I (58%), pada siklus II (82,3%), dan pada siklus II meningkat menjadi (89,5%).
Selain aspek tersebut ketuntasan hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu pada siklus I (57,78%), meningkat pada siklus II (66,67), dan meningkat pada siklus III (92,22%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan interaksi belajar siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPA pada siswa kelas II SD Muhammadiyah 4 Terpadu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN AKTIVITAS, INTERAKSI, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 4 TERPADU SAMARINDA 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | SITI YANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Aktivitas, Interaksi, Motivasi, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY