STUDI TENTANG PERILAKU AGRESI DITINJAU DARI KONFORMITAS SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Perilaku Agresi ditinjau dari konformitas siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Samarinda. Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kecenderungan dan Faktor-faktor serta cara mengatasi perilaku agresi ditinjau dari konformitas siswa kelas XI diSMA Negeri 9 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu perilaku agresi siswa dan Konformitas. Sumber data penelitian ini terdiri dari guru wali kelas, guru bk, dan empat siswa perempuan.
Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Guru BK melakukan beberapa metode Pengambilan data seperti angket dan AUM kemudian melakukan konseling individu maupun kelompok Sesuai dengan tujuan guru BK yang berperan sebagai pembimbing dan motivator maka Guru BK memberikanLayanan Informasi yaitu pemahaman konsep diri terhadap siswa baik individu maupun kelompok agar mencegah terjadinya perilaku-perilaku menyimpang seperti perilaku agresi Hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan yaitu kecenderungan perilaku agresif bahwa siswa memiliki suatu Kelompok didalam lingkungan sekolah, yang sedikit tidaknya mempengaruhi pola perilaku agresi dalam hal ini terjadi Perilaku Agresi Verbal. beberapa Faktor yang menyebabkan
siswa berperilaku agresi verbal adalah adanya dorongan teman sebaya dalam hal ini besarnya kelompok dan keterpaduan serta kekompakan yang tinggi dikarenakan hobi dan minat yang serupa dalam hal ini Konformitas sehingga mempengaruhi perubahan perilaku siswa dalam kehidupan di sekolah sehari-hari.
Layanan yang diberikan guru BK dalam memberikan konsep pemahaman diri serta mencegah adanya perilaku agresi pada siswa adalah menggunakan layanan konseling individu, dengan memberikan layanan konseling individu guru BK dapat mengetahui masalah apa yang menyebabkan anak menjadi agresif. Guru BK juga berkonsultasi dengan beberapa pihak, diantaranya kepala sekolah, guru wali kelas, guru mata pelajaran, serta teman teman siswa yang mengalami masalah.
Kata Kunci : Perilaku agresi siswa, Konformitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STUDI TENTANG PERILAKU AGRESI DITINJAU DARI KONFORMITAS SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | AFNAN ARIFIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : Perilaku agresi siswa, Konformitas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY