Detail Cantuman Kembali
Leni - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Leni, 2019, Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Media Diorama Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing oleh Dr. H. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing I dan Erna Suhartini, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Tematik, Daerah Tempat Tinggalku,
Media Diorama Penelitian dilatar belakangai oleh masalah rendahnya hasil belajar Tematik tema 8 daerah tempat Tinggalku pada siswa kelas IV SDN 002 sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana peningkatan hasil belajar tematik tema daerah tempat tinggalku menggunakan media diorama pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019”?. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik tema daerah tempat tinggalku menggunakan media diorama pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 10 perempuan dan 10 laki-laki dimana peneliti mengajar pada kelas tersebut. Obyek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar tematik tema “Daerah Tempat tinggalku” Menggunakan media dorama pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Data hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Tematik Tema Daerah Tempat Tinggaku menggunakan media diorama pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang tahun Pembelajaran 2018/2019. Hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan PKn 11,15% dengan rata-rata 74,75 presentase 65,00%, Bahasa Indonesia 16,86% rata-rata 72,75 presentase 60,00%, IPS 12,64% rata-rata 71,25 presenrase 55,00%.

Kemudian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan PKn 5,57% rata-rata 85,25 presentase 90,00%, Bahasa Indonesia 5,71% rata-rata 83,25 presentase 85,00%, IPS 7,21% ratarata 81,75 presentase 85,00%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku menggunakan media diorama pada kelas IV SDN 002 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2018/2019

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang Leni - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar Tematik, Daerah Tempat Tinggalku,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua