Detail Cantuman Kembali
ZHALIKA FATMAWATI - Personal Name

ANALISISPEMASARAN BIBIT MANGGA (Mangifera indica)DI KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARANKOTA SAMARINDA (Studi Kasus pada CV. Flora Chania)

ZHALIKA FATMAWATI. Analisis Pemasaran Bibit Mangga di Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda (Studi Kasus pada CV. Flora Chania) Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (di bawah bimbingan Hj. Siti Balkis dan Nella Naomi Duakuju).
Pemasaran pada prinsipnya merupakan aliran barang dari produsen ke konsumen. Aliran barang terjadi karena adanya lembaga pemasaran. Peluang bisnis salah satunya adalah usaha bibit buah. Usaha tersebut memiliki prospek yang cerah dan bibit tanaman selalu diperlukan setiap waktu untuk memenuhi kebutuhan, baik dari kalangan petani maupun untuk kebutuhan umum.
CV. Flora Chania merupakan salah satu perusahaan yang mengusahakan pemasaran bibit buah-buahan, namun dalam pemasarannya perusahaan tersebut masih mendatangkan bibit dari Pulau Sumatera sehingga diperkirakan dari sisi biaya pemasaran khususnya trasnportasi sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, biaya pemasaran serta keuntungan pemasaran bibit mangga.
Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Flora Chania Kelurahan Rawa Makmur Kecamatan Palaran Kota Samarinda.Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Maret hingga Mei 2019. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukansecara purposive sampling atau secara sengaja dengan responden yaitu pemilik perusahaan. Metode analisismenggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui marjin, biaya pemasaran dan keuntungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran bibit mangga yaitu saluran pemasaran satu tingkatdari petani produsen yang ada di Sumatera ke perusahaan Flora ChaniaSamarinda Provinsi Kalimantan Timur selanjutnya ke konsumen akhir yang ada di Kota Samarinda.
Perusahaan Flora Chania Kecamatan Palaran Kota Samarinda memperolehmargin pemasaran yang berbeda dari tiap-tiap ukuran tanaman dengan rata-rata Rp 657.142,86,-polybag-1. Biaya pemasaran yang diterima rata-rata sebesar Rp 97.873,01,- polybag-1dan keuntungan pemasaran yang diterima rata-rata sebesar Rp 559.269,85,- polybag-1.

Kata kunci : Analisis, Pemasaran, Bibit Mangga

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISISPEMASARAN BIBIT MANGGA (Mangifera indica)DI KELURAHAN RAWA MAKMUR KECAMATAN PALARANKOTA SAMARINDA (Studi Kasus pada CV. Flora Chania)
Pengarang ZHALIKA FATMAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Analisis, Pemasaran, Bibit Mangga
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua