Detail Cantuman Kembali
SYULFIKAR NOR - Personal Name

PENGERINGAN ALAMI KAYU TREMBESI (Samanea saman (Jacq.) Merr.)PADA KETEBALAN DAN JENIS PAPAN YANG BERBEDA

SYULFIKAR NOR.PengeringanAlamiKayuTrembesi(Samaneasaman(Jacq.) Merr.)padaKetebalandanJenisPapan yang BerbedadibawahbimbinganEdyBudiarsodanZainulArifin.
Kebutuhankayusemakinmeningkatseiringdenganbertambahnyajumlahpenduduk, sehinggaterjadikelangkaanbahanbakukayu. Sehubungandenganhaltersebut, makadilakukanefisiensipenggunaankayuantara lain denganmenggunakanjeniskayu yang kurangdimanfaatkan, antara lain yaitukayutrembesi (Samaneasaman(Jacq.) Merr.).Pengeringanbertujuanuntukmengeluarkan air daridalamkayusampaiketitikdimanakayuitustabil, baikselamapengerjaanmaupunpemakaianolehkarenaitu, pengeringankayumemberikanartiekonomisbagikonsumendanprodusen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu pengeringan alami yang diperlukan pada tebal kayu 2 cm dan 3 cm pada jenis papan radial dan tangensial dari kayu trembesi.
Bahan yang digunakandalampenelitianiniadalahpapanjeniskayutrembesi (Samaneasaman(Jacq.)Merr.), yang berasaldari areal UniversitasMulawarman yang telahdipotongdandihasilkancontoh ujijenispapan radial dantangensialukuran 2cmdan 3 cm. masing-masing perlakuansebanyak 10 ulangan. Contoh uji dikering udarakaan di bawah atap dan ditimbang setiap hari untuk menghitung penurunaan kadar air kayu yang terjadi, hingga kadar air kayu mencapai kadar air keseimbanggan.
Jenispapanradialmemerlukanwaktupengeringan yang lebih lama di bandingkanpapantangensialuntukmencapaikadar air keseimbangan. Pengeringan alami dengan kadar air awal±76 % hingga mencapai kadar air keseimbangan ±15 %, papan dengan ketebalan2 cm dan 3 cm diperlukan waktu pengeringan yang sama yaitu selama 19 hari untuk papan radial dan 16 hari untuk papan tangensial

Kata Kunci :Pengeringan, alami, kayu, trembesi, dan jenispapan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGERINGAN ALAMI KAYU TREMBESI (Samanea saman (Jacq.) Merr.)PADA KETEBALAN DAN JENIS PAPAN YANG BERBEDA
Pengarang SYULFIKAR NOR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengeringan, alami, kayu, trembesi, dan jenispapan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua