Detail Cantuman Kembali
ASISKA SARI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Asiska Sari, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN 008 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Dibimbing Oleh Rury Muslifar, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing I dan Iksam, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing II.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, model pembelajaran Think Pair Share.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 008 Sungai Pinang pada materi pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru yang kurang memvariasikan pembelajaran dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sehingga siswa kurang memahami materi IPS yang disampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas V SDN 008 Sungai Pinang.
Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 008 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa, serta observasi siswa dan guru.
Hasil penelitian pada siklus Imenunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPS sebesar 6,88% dari nilai rata-rata sebesar 66,09pada nilai dasar menjadi 70,64 dengan persentase ketuntasan sebesar 54,84%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 24,77% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82,47 dan persentase ketuntasan sebesar 93,54% dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan sehingga penelitian dicukupkan pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Sharetema Peristiwa dalam Kehidupan materi IPS kelas V SDN 008 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN 008 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang ASISKA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPS, model pembelajaran Think Pair S
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua