PERAN GURU DALAM MENANGANI ANAK YANG KURANG MANDIRI KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 SAMARINDA
Lia Damayanti, 2019. Peran Guru Dalam Menangani Anak Yang Kurang Mandiri Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda. Penulisan ini dibimbing oleh Dra. Wiwik Haryani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Drs. H. Sunarno,M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam menangani anak yang kurang mandiri di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda, 2) faktor penghambat peran guru dalam menangani anak yang kurang mandiri kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda, dan 3) faktor pendukung peran guru dalam menangani anak yang kurang mandiri kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang terdiri dari dua variabel, yakni 1) peran guru dan 2) anak yang kurang mandiri. Dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda dengan subjek penelitian 2 guru sebagai sumber data utama dan 2 anak sebagai data pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) teknik wawancara kepada guru pendamping, 2) teknik observasi untuk mengamati semua kegiatan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Samarinda dan 3) teknik dokumentasi sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan.
Dan hasil dokumentasi dikelompokkan kemudian dianalisis menggunakan model alur 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) pembahasan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) anak yang kurang mandiri sangat ingin selalu di perhatikan oleh guru, melaksanakan perbuatan selalu meminta bantuan. 2) peran guru dalam menangani anak yang kurang mandiri yaitu : a) sebagai desainer pembelajaran sudah terlihat dari perencanan, pelaksanaan dan penilaian anak dari RPPH, b) sebagai seniman pembelajaran terdapat perbedaan antara guru dalam kesabaran dan nada bicara pada anak yang kurang mandiri, c) sebagai motivator pembelajaran sudah dapat teraplikasi dengan memberikan contoh untuk belajar mandiri dan pemberian reward,d) sebagai mediator pembelajaran masih belum terlihat karena kurangnya kreatifitas guru dalam memilih media untuk anak yang kurang mandiri dan e) sebagai inspiratory pembelajaran guru sudah mampu memberikan contoh kegiatan yang dapat ditiru oleh anak. 3) faktor penghambat dan pendukung dalam menangani anak yang kurang mandiri a) profesionalisme guru dalam mengatur emosi masih kurang, b) pendekatan dengan anak yang kurang mandiri karena kurangnya pengetahuan tentang anak yang kurang mandiri, c) perilaku anak yang selalu meminta bantuan. Faktor pendukungnya yaitu : 1) lingkungan disekitar anak dapat mendukung dan bekerjasama dengan baik, 2) sarana dan prasarana yang sudah memadai untuk anak yang kurang mandiri
Kata Kunci : Peran Guru, Anak Yang Kurang Mandiri
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN GURU DALAM MENANGANI ANAK YANG KURANG MANDIRI KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | LIA DAMAYANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Peran Guru, Anak Yang Kurang Mandiri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY