Detail Cantuman Kembali
PENI ROSITA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG SIKAP DEMOKRATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 005 SUNGAI KUNJANG

PENI ROSITA, 2016 Peningkatan Hasil Belajar PKn tentang sikap demokratis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas II SD Negeri 005 Sungai Kunjang

Selaku Pembimbing I Drs. Riyadi, M.Si dan selaku pembimbing II Dra. Warsinah,M.Si

Kata Kunci : Hasil belajar PKn, Sikap demokratis, make a match.

Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PKn siswa kelas II SDN 005 Sungai Kunjang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada pokok bahasan sikap demokratis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 004 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi terhadap aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dan tes hasil belajar yang dilaksanakan pada akhir setiap siklus. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa data – data dan persentase. Peneliti bertindak sebagai pelaksana pembelajaran, sedangkan observer adalah teman sejawat SDN 005 Sungai Kunjang.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian yang dikemukakan pada bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar mata pelajaran PKn materi sikap demokratis dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas II SDN 005 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2015/2016 meningkat. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil belajar kondisi awal sebesar 59.33 atau berada pada kategori kurang, pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi rata –rata 74.31 atau meningkat 14.98 poin atau 25.24% dan berada pada kategori baik, dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 84.46 atau meningkat 10.15 poin atau 13.65% dan berada pada kategori sangat baik.

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian tersebut disarankan bagi guru diharapkan menambah wawasan guru tentang model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Bagi siswa, siswa hendaknya membiasakan diri untuk bekerjasama, toleransi dan mau menerima pendapat dari teman agar dalam bekerja kelompok mendapatkan hasil yang maksimal. Dan bagi sekolah diharapkan dengan dilaksanakan penelitian ini dapat memberikan informasi dan pertimbangan mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG SIKAP DEMOKRATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 005 SUNGAI KUNJANG
Pengarang PENI ROSITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil belajar PKn, Sikap demokratis, make a match
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua