Detail Cantuman Kembali
SITI MASITAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2015/2016

Siti Masitah, 2016, Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Pecahan menggunakan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2015/2016. Dibimbing oleh Drs.Asyril, M.Si., dan Dra.Hj. Warsinah, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Metode Tutor Sebaya, Penjumlahan Pecahan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi penjumlahan pecahan dengan menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2015/2016
Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja kelompok siswa, lembar evaluasi dan lembar observasi. Setiap siklus terdiri dari empat bagian yaitu bagian pertama untuk persiapan pembekalan para tutor sebaya, bagian kedua yaitu penyampaian materi oleh tutor sebaya bagian ketiga mengerjakan tugas kelompok, dan bagian keempat adalah mengerjakan soal evaluasi akhir siklus. Observasi dilaksanakan seiap pertemuan selama pembelajaran berlangsung. Lembar Kerja Kelompok Siswa dibagikan pada pertemuan 1, pertemuan 3 dan pertemuan 5 sebagai sumber dan media pembelajaran. evaluasi dilaksnakan setiap akhir siklus yaitu pada pertemuan 2, pertemuan 4 dan pertema 6 untuk mengetahui hasil belajar setiap siklus.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksnakan sebanyak tiga siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 009 Samarinda Ulu yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tepatnya pada tanggal 29 Maret s.d 7 April 2016, tahun ajaran 2015/2016.
Berdasrkan hasil penelitian hasil observasi kriteria baik, hasil belajar matematika yang yang dicapai siswa melalui metode tutor sebaya pada siklus I rata-rata nilai evaluasi yaitu 67.14 dari rata-rata nilai dasar 59 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 57.14% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13.79%. siklus II rata-rata nilai evaluasi yaitu 74.85 dari rata-rata nilai siklus I 67.14 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 77.14% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11.48% dan pada siklus III rata-rata nilai evaluasi yaitu 78 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebrsar 92.28% dan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 4.20%. Pada akhir siklus III yang mendapat nilai dengan kriteria baik sekali berjumlah 21 siswa, yang mendapat nilai dengan kriteria baik berjumlah 12 siswa, yang mendapat nilai dengan kriteria cukup berjumlah 1 siswa dan yang mendapat nilai dengan criteria kurang berjumlah 1 anak.
Kesimpulan hasil penelitian adalah dengan menggunakan metode tutor sebaya hasil belajar siswa kelas V SDN 009 Samarinda mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SDN 009 SAMARINDA ULU TAHUN AJARAN 2015/2016
Pengarang SITI MASITAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar Matematika, Metode Tutor Sebaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua