Detail Cantuman Kembali
BAYU CHANDRA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DENGAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS IV DI SDN 001 SAMARINDA ILIR

BAYU CHANDRA, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Transportasi Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV Di SDN 001 Samarinda Ilir. Dibimbing oleh Drs. Riyadi, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, M.Pd sebagai pembimbing II.

Kata Kunci:Hasil belajar IPS, perkembangan teknologi transportasi

Kurangnya respon dari siswa pada saat guru mengajar di dalam kelas, sehingga siswa kurang tertarik dengan pelajaran IPS karena pelajaran ini kebanyakan, hanya dijelaskan saja oleh guru, serta sistem pembelajaran yang kurang menggunakan metode pembelajaran, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Mengatasi kondisi tersebut guru harus memvariasikan metode pembelajaran yang digunakan seperti metode demonstrasi.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah mengajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 001 Samarinda Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi dengan metode demonstrasi siswa kelas IV di SDN 001 Samarinda Ilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan kelas ada empat yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 001 Samarinda Ilir dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan di pertemuan kedua setiap siklus diadakan tes akhir belajar. Instrumen penelitian adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal atau tes tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan (observasi), dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis rata-rata dan persentase.
Hasil belajar siswa pra siklus dari 25 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,2. Terdapat 11 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 44%. Hasil belajar siswa siklus I meningkat 56% dari pra siklus. Nilai rata-rata siswa siklus I mencapai 68 dari 25 siswa. Terdapat 14 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 56%. Hasil belajar siklus II meningkat 32% dari siklus I. Nilai rata-rata siswa siklus II mencapai 73,2 dari 25 siswa. Terdapat 22 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 88%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mengajar IPS materi perkembangan teknologi transportasi menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 001 Samarinda Ilir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DENGAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS IV DI SDN 001 SAMARINDA ILIR
Pengarang BAYU CHANDRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil belajar IPS, perkembangan teknologi transpor
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua