Detail Cantuman Kembali
FERA NOVIA SANDI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 001 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Fera Novia Sandi, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas IV SDN 001 SamarindaUtara. Skripsi. PGSD FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing:(I) Dr. H. Muhammad Siddik, M.Pd ;
(II) Drs. H. La Djangka, M.Pd
Kata Kunci : Hasil Belajar, Perkembangan Teknologi Produksi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS kelas IV di SDN 001 Samarinda Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar pada setiap pertemuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menggambarkan atau mendeskripsikan data tersebut ke dalam bentuk tabel, persentase dan diagram.
Dari hasil analisis data diketahui hasil belajar siswa mengalami peningkatan baik dilihat dari aspek perolehan jumlah nilai dan rata-rata kelas maupun ketuntasan belajarnya. Jumlah nilai siklus I pertemuan I 2090, dengan nilai rata-rata 58,05 dan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I pertemuan I sebesar 36,11%. Jumlah nilai siklus I pertemuan II 2620, dengan nilai rata-rata 72,77 dan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I pertemuan II sebesar 66,66%. Jadi, jumlah nilai siklus I pertemuan I dan siklus I pertemuan II 2355, dengan nilai rata-rata 65,41 dan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 58,33%. Pada siklus II pertemuan I jumlah nilainya 2510, dengan nilai rata-rata 69,72 dan persentase ketuntasannya sebesar 83,33%. Jumlah nilai siklus II pertemuan II 2830, dengan nilai rata-rata 78,61 dan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 91,66%. Jadi, jumlah nilai siklus II pertemuan I dan siklus II peremuan II sebesar 2700, dengan nilai rata-rata 75,00 dan persentase ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru hendaknya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 001 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang FERA NOVIA SANDI - Personal Name
No. Panggil
Subyek odel Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua