Detail Cantuman Kembali
BUDI AGUS SETIAWAN - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CUACA DENGAN METODE DISKUSI BERPASANGAN SISWA KELAS III DI SDN 028 SAMARINDA ILIR

BUDI AGUS SETIAWAN, 2016.Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dengan Metode Diskusi Berpasangan Siswa Kelas III di SDN 028 Samarinda Ilir.Dibimbing oleh Drs.Riyadi, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, M.Pdsebagai pembimbing II.

Kata Kunci:HasilbelajarIPA, cuaca,diskusiberpasangan.

Penelitiantindakankelasinidilatarbelakangiperlunyadilakukanperbaikan proses pembelajaran IPA yang proses mengajarnyadilaksanakancenderungkonvensional, kurangmenyesuaikanmetode yang sesuaimateri yang akandiajarkan. Sehinggahasilbelajarsiswamasihkurang, belummencapaikriteriaketuntasan minimal ( KKM ) yang di tetapkan. Hasilulangan semester ganjilmasihadasiswa yang belumtuntas.
Rumusan masalah penelitian ini adalahapakah mengajar IPA materi cuacadengan metode diskusi berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 028 Samarinda Ilir.Tujuandaripenelitianiniadalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dengan Metode Diskusi Berpasangan Siswa Kelas III di SDN 028 Samarinda Ilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan kelas ada empat yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 028 SamarindaIlir dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan di pertemuan kedua setiap siklus diadakan tes akhir belajar.Instrumen penelitian adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal atau tes tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan (observasi), dantes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis rata-rata dan persentase
Hasil belajar siswa pra siklus dari 20 siswa memperoleh nilai rata-rata 53 dengan jumlah 6 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang tidak tuntasdengan persentase ketuntasan sebesar 30%.Hasil belajar siswa siklus I meningkat dari pra siklus. Nilai rata-rata dari 20 siswa sebesar 65 dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dan 9 siswa yang tidak tuntasdengan persentase ketuntasan siswa sebesar 55%.Hasil belajar siswa siklus II meningkat dari siklus I. Nilai rata-rata dari 20 siswa sebesar 80, dengan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dan 2 siswa yang tidak tuntasdengan persentase ketuntasan siswa sebesar 90%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mengajar IPA materi cuaca dengan metode diskusi berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 028 Samarinda Ilir

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CUACA DENGAN METODE DISKUSI BERPASANGAN SISWA KELAS III DI SDN 028 SAMARINDA ILIR
Pengarang BUDI AGUS SETIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek HasilbelajarIPA, cuaca,diskusiberpasangan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua