Detail Cantuman Kembali
NUR PANGESTI APRILIYANA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MENCOCOKKAN KARTU SOAL DAN JAWABAN SISWA KELAS IV SDN 002/006 SAMARINDA KOTA

NUR PANGESTI APRILIYANA, 2016. NIM 1205115103: “Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Masalah Sosial dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mencocokkan Kartu Soal dan Jawaban Siswa Kelas IV SDN 002/006 Samarinda Kota”. Dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. Albert Richart S., M.Si sebagai Pembimbing II.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Masalah Sosial, Model Make A Match

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa khususnya pada mata pelajaran Ilmun Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini terjadi karena kegiatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru cenderung monoton .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS tentang Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Koopertif Tipe Make A Match (Mencocokkan Kartu Soal Dan Jawaban) Bagi Siswa Kelas IV SDN 002 Samarinda Kota?
. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS tentang Masalah Sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match siswa kelas IV SDN 002 Samarinda Kota.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan adalah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklusnya diadakan evaluasi atau tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Teknik tes evaluasi digunakan untuk mengetahui hasil nilai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 002/006 Samarinda Kota tahun pembelajaran 2016/2017. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN 002/006 yang berjumlah 38 siswa dan 1 guru. Obyek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan nilai hasil belajar siswa setiap siklus dengan tingkat keberhasilan yang tergolong baik pada siklus I sebesar 34,2%, siklus II sebesar 68,4% dan siklus III sebesar 92,1%. Peningkatan persentase ketuntasan siklus I ke siklus II adalah 34,2%. Peningkatan persentase ketuntasan siklus II ke siklus III adalah 23,7%. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil karena pada setiap siklusnya mengalami peningkatan serta dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 85% siswa dari kelas memperoleh nilai di atas KKM yaitu 70, dengan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 92, 1%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah mengajar dengan model Kooperatif tipe Mencocokkan Kartu Soal dan Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Masalah Sosial siswa kelas IV di SDN 002 Samarinda Kota.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI MASALAH SOSIAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE MENCOCOKKAN KARTU SOAL DAN JAWABAN SISWA KELAS IV SDN 002/006 SAMARINDA KOTA
Pengarang NUR PANGESTI APRILIYANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar, Masalah Sosial, Model Make A Match
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua