Detail Cantuman Kembali
DWI MARTA ISMAYANTI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KENAMPAKAN BUMI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Dwi Marta Ismayanti, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Kenampakan Bumi Melalui Model Quantum Teaching Pada Siswa Kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Mulawarman dibimbing oleh Bapak Drs. Benyamin Matius, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Drs. H. Kusdar, M.Ag selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching, Kenampakan Bumi.

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir pada pelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh kurang tertariknya siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang kenampakan bumi melalui model quantum teaching pada siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model quantum teaching pada siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA dengan model pembelajaran quantum teaching. Prosedur penelitian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Berdasarkan pembahasan dan data yang diperoleh pada penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA tentang kenampakan bumi melalui model quantum teaching pada siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016 meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada nilai pra siklus 58,9 dengan persentase ketuntasan 33,3%, pada siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 67,6 dengan persentase ketuntasan 45,8%, dan pada siklus II meningkat rata-ratamya menjadi 83,1 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 91,7%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KENAMPAKAN BUMI MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang DWI MARTA ISMAYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Quantum Teaching, Kenampakan Bu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua