PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENJAJAHAN BANGSA EROPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWIG SISWA KELAS V SDN 010 SAMARINDA KOTA
Lilis Fitriani, 2016 : Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia dengan Model Snowball Throwing Siswa Kelas V SDN 010 Samarinda Kota. Dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si selaku pembimbing 1 dan Drs. Albert Richat S, M.Si selaku pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Snowball Throwing
Permasalahn dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS, pembelajaran masih bersifat teoritik dan berpusat pada guru sedangkan siswa pasif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan bangsa Eropa di Indonesia dengan model Snowball Throwing siswa kelas V SDN 010 samarinda kota ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan bangsa Eropa dengan model Snowball Throwing siswa kelas V SDN 010 Samarinda Kota.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung sebanyak tiga siklus, dengan satu siklus dua kali pertemuan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 010 samarinda kota. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Negeri No. 010 Samarinda Kota yang berjumlah 19 orang siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan belajar IPS materi penjajahan bangsa Eropa dengan model Snowball Throwing. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus ratarata dan persentase ketuntasan.
Hasil analisis yang meliputi hasil observasi aktivitas belajar siswa yaitu: tingkat keberhasilan yang tergolong baik. Meningkatnya jumlah siswa yang telah mencapai KKM yang ditetapkan 75 berpengaruh pada meningkatnya nilai ratarata pada siklus I sebesar 68.94 dengan kriteria kurang, siklus II sebesar 73.68 dengan kriteria cukup, dan siklus III sebesar 80.36 dengan kriteria baik.
Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 26,31%, siklus II sebesar 73,68%, dan siklus III sebesar 84,36%. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil karena pada setiap siklusnya mengalami peningkatan serta dapat mencapai indicator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sebesar 80%, dengan peningkatan aktivitas belajar siswa yang terlihat selama pembelajaran. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi materi penjajahan bangsa Eropa pada kelas V di SDN No. 010 Samarinda Kota dengan demikian terjadi peningkatan kualitas dalam kegiatan pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENJAJAHAN BANGSA EROPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWIG SISWA KELAS V SDN 010 SAMARINDA KOTA |
---|---|
Pengarang | LILIS FITRIANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar, Model Snowball Throwing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY