PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM (SDA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016
Lilis Nasari (2016): Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA tentang Sumber Daya Alam (SDA) melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015 / 2016. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya Alam, Inkuiri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu. Hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tentang sumber daya alam melalui model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran Inkuiri agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tentang sumber daya alam melalui model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Model pembelajaran Inkuiri merupakan rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Subjek penelitian ini adalah satu guru dan 39 siswa kelas IVD yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki, dilaksanakan pada semester genap bulan Maret 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes, lembar observasi, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 42,46 menjadi 50,03 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar. Rata-rata hasil belajar siswa adalah 52 pada nilai dasar, kemudian siklus I sudah lebih baik dari nilai dasar yakni dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 60 demikian juga pada siklus II mencapai rata-rata 83. Berdasarkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tentang sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2015 / 2016.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM (SDA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016 |
---|---|
Pengarang | LILIS NASARI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA, Sumber Daya |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY