Detail Cantuman Kembali
DESY AYU LESTARY - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PEMBENTUKAN TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Desy Ayu Lestary, 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA tentang Pembentukan Tanah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN 028 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Mulawarman Dibimbing oleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd dan Dra. Hj. Tri Wahyuningsih, M.Si.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembentukan Tanah, NHT
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 028 Samarinda Ilir pada pelajaran IPA. Hal ini disebabkan oleh kurang tertariknya siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA tentang pembentukan tanah melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada siswa kelas V SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together pada siswa kelas V SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Permasalahan yang terdapat pada siklus akan ditindak lanjuti pada siklus berikutnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 028 Samarinda Ilir yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA tentang pembentukan tanah melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT).
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA tentang pembentukan tanah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 028 samarinda ilir tahun pembelajaran 2015/2016 meningkat terlihat dari nilai rata-rata hasil aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II dan dari hasil belajar pada pra siklus memperoleh rata-rata 59,4 dengan persentase ketuntasan 33,3 % predikat kurang. Nilai rata-rata siklus I meningkat 18,5 % menjadi 70,4 dengan persentase ketuntasan menjadi 58,3 % predikat cukup. Nilai rata-rata pada siklus II meningkat 12,9 % menjadi 79,5 dengan persentase ketuntasan 91,7 % predikat baik. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V A SDN 028 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PEMBENTUKAN TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang DESY AYU LESTARY - Personal Name
No. Panggil
Subyek Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembentukan Tan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua