Detail Cantuman Kembali
RIZCA IRMA YUNITA - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Rizca Irma Yunita (2016) : Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Tentang Masalah Sosial dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Sujiman, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Iksam, M.Pd sebagai dosen pembimbing II

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial, Make a Match

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS tentang masalah sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh dan membosankan . Dan hasil belajar masih relatif rendah, karena belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Rumusan masalah ini adalah : “Bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Tentang masalah sosial dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match siswa kelas IV di SDN 007 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2015/2016”.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu Penelitian Tindakan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, yaitu satu siklus dua kali pertemuan.
Aktivitas belajar siswa pelaksanaan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 12,1 dengan prensentase 61 % dengan kriteria kurang kemudian mengalami peningkatan pada pelaksanaan siklus II diperoleh rata-rata sebesar 15,5 dengan presentase 78 % dengan kriteria cukup dan pada pelaksanaan siklus III meningkat lagi dengan data yang diperoleh rata-rata sebesar 17,8 dengan presentase 89 % kriteria baik dan pada data hasil belajar, pada siswa pra siklus rata-rata 56,7 dengan persentase 37%. Hasil belajar siswa siklus I meningkat dengan rata-rata 65 siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dengan persentase 48,1%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 72,2 siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan persentase ketuntasan mencapai 63 %. Pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 79,8 siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dengan persentase ketuntasan mencapai 92,6 %.
Kesimpulan penilitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS tentang masalah sosial pada siswa kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang RIZCA IRMA YUNITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Aktivitas, Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial, Make
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua