Detail Cantuman Kembali
URAI LUAT - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 015 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019.



URAI LUAT. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang gaya pada subtema indahnya keragaman negeriku melalui model kooperatif tipe STAD Padasiswa Kelas Iv Sdn 015 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019,
Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selakupembimbing I dan Drs. Nicodemus Sere, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPA indahnya keragaman negeriku.
Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materigaya kelas IV SDN 015 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2018/2019. Rumusanmasalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana ‘peningkatan hasil belajar IPA tentanggaya dengan model kooperatif tipe (STAD)stundent team achieven division pada siswakelas IV SDN 015 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019.? Adapun tujuan dalampenelitisan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang Gaya melalui modelSTAD (Student Team Achieven Division) pada siswa kela IV SDN 015 Sungai Pinang Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiridari dua siklus. Alur penelitian dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes evaluasi. Penelitianini dilaksanakan di SDN 015 Samarinda Utara dengan subjek penelitian adalah siswa kelasIV yang berjumlah 18 siswa, dan objek penelitian adalah hasil belajar siswa tema daerahtempat tinggal ku muatan IPA melalui model kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulandata dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi/pengamatan, tes dandokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan nilai rata-rata,presentase, dan peningkatan hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembelajaran pada BAB IV dapat disimpulkanbahwa hasil belajar IPA siswa tentang gaya melalui model pembelajaran STAD pada siswakelas IV SDN 015 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2018/2019 telah meningkat.Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasilbelajar IPA siswa sebesar35,89% dari nilai rata-rata sebesar 62,5 pada nilai dasar menjadi46,11 dengan persentase ketuntasan sebesar 22,22%. Pada siklus II mengalami peningkatanhasil belajar IPA siswa sebesar 77,78% dengan nilai rata-rata sebesar 78,05 dan persentase ketuntasan 100. Sehinggah asil penelitian ini telah mencapai indicator keberhasilan yang diharapkan yaitu 75% dari jumlah siswa dikelas penelitian mencapai nilai KKM =65.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN NEGERIKU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 015 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019.
Pengarang URAI LUAT - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Hasil Belajar IPA indahnya keragaman n
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan STUDI PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua