Detail Cantuman Kembali
RIZKA DAHLIA SARI - Personal Name

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KURSUS MENJAHIT DI PKBM YAPKA TENGGARONG SEBERANG


Rizka Dahlia Sari, 2019. Pemberdayaan Masyarakat Dalam Program Kursus Menjahit Di PKBM YAPKA Tenggarong Seberang.
Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Saraka,M.Ali, M.Pd selaku Pembimbing I dan Bapak Drs.Riyadi, M.Si selaku Pembimbing II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengelolaan DalamProgram Kursus Menjahit di PKBM YAPKA Tenggarong Seberang?” dan untukmengetahui “Faktor-faktor Penghambat dan Pendukung dalam Program KursusMenjahit Di PKBM YAPKA Tenggarong Seberang” Sedangkan tujuan dalampenelitian ini adalah “untuk mengetahui serta mendeskripsikan Bagaimana Pengelolaan Dalam Program Kursus Menjahit di PKBM YAPKA TenggarongSeberang”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenismetode penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)perencanaan program kursus menjahit (2) pelaksanaan program kursus menjahit (3) evaluasi program kursus menjahit. Sumber data dalam penelitian ini adalahkepala PKBM, tutor PKBM, dan warga belajar. Tehnik Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara terstuktur, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan mengambilkesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan program kursus diawali dengan identifikasi peluang kerja, melihat usia produktif yang siap bekerja, (2)
Pelaksanaan program kursus dilaksanakan kurang lebih 3 bulan, denganpemberian teori kemudian praktek soft skill tentang tata busana, membaca sketsa,membuat pola dengan mesin, dan menjalankan berbagai mesin jahit, (3) Evaluasiprogram kursus menjahit dilaksanakan pada akhir pertemuan, terdapat 2 jenis evaluasi yaitu evaluasi lokal dan evaluasi uji kompetensi yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Busana (LSKTB), dan Faktor Penghambatdalam program kursus yaitu kurang aktifnya warga belajar sehingga tidak bisamenutup biaya operasional lembaga. Sedangkan untung Faktor Pendukung dalamprogram kursus menjahit adalah sarana dan prasarana yang cukup lengkap.
Kesimpulan penelitian ini adalah program kursus menjahit dirancang berdasarkanidentifikasi peluang mengenai tentang keterampilan menjahit, dengan melibatkan tutor dan warga belajar sehingga dalam pelaksanaannya dapat belangsung sesuai tujuan.
Kata Kunci : Pengelolaan, Kursus Menjahit


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PROGRAM KURSUS MENJAHIT DI PKBM YAPKA TENGGARONG SEBERANG
Pengarang RIZKA DAHLIA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Pengelolaan, Kursus Menjahit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua