Detail Cantuman Kembali
SUPRIH RAHAYU PRIYANTI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN 028/010 SAMARINDA ILIR

SUPRIH RAHAYU PRIYANTI, 2016. peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir?

Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example.

Permasalahan latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model kooperatif tipe example non example kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS dan penerapan model pembelajara n kooperatif tipe example non example.

Hasil penelitian pelaksanaan siklus I menggunakan model kooperatif tipe example non example memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67 dengan kriteria kurang dan persentase ketuntasan sebesar 61%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 74 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan sebesar 74%. Pelaksanaan pembelajaran siklus III memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 83 dengan kriteria baik dan persentase ketuntasan sebesar 91%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN 028/010 SAMARINDA ILIR
Pengarang SUPRIH RAHAYU PRIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Exa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua