PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN 028/010 SAMARINDA ILIR
SUPRIH RAHAYU PRIYANTI, 2016. peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir?
Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example.
Permasalahan latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model kooperatif tipe example non example kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS dan penerapan model pembelajara n kooperatif tipe example non example.
Hasil penelitian pelaksanaan siklus I menggunakan model kooperatif tipe example non example memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67 dengan kriteria kurang dan persentase ketuntasan sebesar 61%. Pelaksanaan pembelajaran siklus II memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 74 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan sebesar 74%. Pelaksanaan pembelajaran siklus III memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 83 dengan kriteria baik dan persentase ketuntasan sebesar 91%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS materi perkembangan teknologi dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example siswa kelas IV SDN 028/010 Samarinda Ilir.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE SISWA KELAS IV SDN 028/010 SAMARINDA ILIR |
---|---|
Pengarang | SUPRIH RAHAYU PRIYANTI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Exa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY