Detail Cantuman Kembali
KARINA WILIANI - Personal Name

PENGARUH SUASANA BELAJAR, KESADARAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2019/2020



Wiliani, Karina. 2019. Pengaruh Suasana Belajar, Kesadaran Diri dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tenggarong Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dr. Sugeng, M.Pd dan (II) Dr. H. P. M.Labulan, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana belajar,kesadaran diri dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Tenggarong tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Penelitian ini terdiri dari tiga variable eksogen yaitu Suasana Belajar (X1), Kesadaran Diri (X2) dan Minat Belajar (X3) serta satu variabel endogen yaitu Hasil Belajar Matematika (Y).
Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Tenggarong yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 305 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian adalah 6 kelas yang berjumlah 199siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistic inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif dengan taraf signifikansi pengujian Suasana Belajar siswa termasuk kategori sedang, Kesadaran Diri siswa termasuk kategori sedang, Minat Belajar siswa termasuk kategori sedang, dan
Hasil Belajar Matematika siswa termasuk kategori kurang. Hasil analisisinferensial menggunakan analisis jalur diperoleh terdapat pengaruh suasanabelajar terhadap hasil belajar matematika secara langsung dengan koefisien jalur sebesar dan taraf signifikansi statistik sebesar 0,001, terdapat pengaruhsuasana belajar secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui kesadaran diri dengan koefisien jalur sebesar dan taraf signifikansi statistic sebesar 0,001, terdapat pengaruh suasana belajar secara tidak langsung terhadap hasil belajar matematika melalui minat belajar dengan koefisien jalur sebesar dan taraf signifikansi statistik sebesar 0,001 maka diperoleh total koefisien jalur suasana belajar terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar .
Terdapat pengaruh kesadaran diri terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien jalur sebesar dan taraf signifikansi statistik sebesar 0,001.
Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien jalur sebesar dan taraf signifikansi statistik sebesar 0,003.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Kesadaran Diri, Minat Belajar, Suasana Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH SUASANA BELAJAR, KESADARAN DIRI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2019/2020
Pengarang KARINA WILIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Kesadaran Di
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua