PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Johanis Chaniago, Asniah. 2019. Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Sugeng, M.Pd, (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd
Jenis penelitian ini adalah ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan sosial terhadap hasil belajarmatematika siswa kelas VII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2019. Dalam penelitian initerdapat dua variabel bebas, yaitu kecerdasan intrapersonal (X1) dan lingkungan sosial (X2), serta satu variabel terikatyaitu hasil belajar matematika (Y). Populasipenelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Samarinda yang terdiridari 8 kelas dengan jumlah 243 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah probability sampling dengan metode cluster random sampling,sehingga diperoleh sampel minimal 5 kelas dan jumlah minimal 151 siswa,peneliti mengambil 5 kelas yang terdiri dari 152 siswa. Instrumen yang digunakandalam penelitian ini terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk memperolehdata hasil belajar matematika. Angket digunakan untuk memperoleh data tentangkecerdasan intrapersonal dan lingkungan sosial. Sebelum penelitian dilaksanakan,diadakan uji coba instrumen penelitian kepada siswa yang bukan merupakansampel dari penelitian, yaitu siswa kelas VII E SMP Negeri 29 Samarinda yangberjumlah 30 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier ganda dengan taraf signifikan (_) sebesar 0,05.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh kecerdasan intrapersonal dengan kategori sedang, rata-rata skor lingkungan sosial dengan kategori sedang, dan rata-rata nilai hasil belajar matematika 43,09 dengan kategori kurang. Analisis inferensial data hasil penelitian ini menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga yaitu Y = -47,092 + 0,542X 1 + 0,491X2 dan Fhitung = 75,776 dan p = 0,000, berarti terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika. Koefisien determinasi(R2 ) = 0,504 menunjukkan bahwa besar kontribusi kecerdasan intrapersonal (X1 dan lingkungan sosial (X 2 ) terhadap hasil belajar matematika (Y) adalah 50,4%.
Untuk kecerdasan intrapersonal diperoleh sig.= 0,000, sehingga terdapat pengaruhkecerdasan intrapersoanl terhadap hasil belajar matematika. Untuk lingkungansosial diperoleh sig.= 0,000, terdapat pengaruh lingkungan sosial terhadap hasilbelajar matematika. Dengan demikian, terdapat pengaruh kecerdasan intrapersonal dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci : Kecerdasan Intrapersonal, Lingkungan Sosial dan Hasil Belajar Matematika
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | ASNIAH JOHANIS CHANIAGO - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci : Kecerdasan Intrapersonal, Lingkungan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY