Detail Cantuman Kembali
DEWI RIANI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS IISD NEGERI 005 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Dewi Riani, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Complete Sentence Pada Siswa Kelas II SD Negeri 005 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini di bawah bimbingan Dra. Sudilah MW, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Dahri Taggi, M.Pd sebagai pembimbing II.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Complete Sentence
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif complete sentence pada siswa kelas II SD Negeri 005 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan penelitian tindakan dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di kelas II SD Negeri 005 Samarinda Ulu dengan subjek 26 siswa dan objeknya yaitu peningkatan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif complete sentence.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata dan persentase.
Penelitian dilaksanakan melalui 3 siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus mengalami kenaikan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 11,45% dari siklus I rata-rata kelas mencapai 69,92 dengan presentase ketuntasan 65,3% menjadi 77,93 dengan presentase ketuntasan 76,92% pada siklus II, terus meningkat sebesar 5,11% menjadi 81,92 dengan persentase ketuntasan 84,61% pada siklus III dan jumlah peningkatan dari siklus I ke siklus III sebesar 17,16%. Jadi, persentase peningkatan hasil belajar siswa meningkat sebesar 78,66% pada mata pelajaran IPS yang sebelum penelitian sebesar 61,5%.
Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I hingga siklus III dapat ditarik kesimpulan bahwamenggunakan model pembelajaran kooperatif complete sentence dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada kelas II SD Negeri 005 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF COMPLETE SENTENCE PADA SISWA KELAS IISD NEGERI 005 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang DEWI RIANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif C
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua