Detail Cantuman Kembali
ROLIANSYAH - Personal Name

PERSEPSI PETANI TERHADAP KOMPETENSI PENYULUH DI DESA LIANG ULU KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA



ROLIANSYAH. Persepsi Petani Terhadap Kompetensi Penyuluh Di Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. (dibimbing oleh Dina Lesmana dan Eko Harri Yulianto A).
Kompetensi penyuluh pertanian perlu mendapat perhatian yang serius,karena peningkatan dan penurunannya akan berpengaruh langsung terhadappeningkatan dan penurunan kinerja penyuluh. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi petani terhadap kompetensi penyuluh di DesaLiang Ulu Kecamatan Kota Bangun.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret – April 2019, dengan lokasipenelitian di Desa Liang Ulu kecamatan Kota Bangun Kabupaten KutaiKartanegara.Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian iniadalah proportional stratified random sampling, dan jumlah responden adalah sebanyak 35 responden. Metode penelitian menggunakan data primer dansekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode penilaian dengan skor (Skala Likert) 4 indikator yaitu kurang baik, cukup baik, baik, dan sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap kompetensipenyuluhan baik intensitas, materi, metode penyuluhan sangat baik,dengan 3indikator yaitu kompetensi keperibadian sebesar 36,8%, kompetensi professional sebesar 30,2%, dan kompetensi sosial sebesar 33%.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini bahwa persepsi petani terhadapkompetensi penyuluh di Desa Liang Ulu memiliki total skor sebesar 2.926 dengan nilai rata-rata 83,6% termasuk dalam kategori baik yang berarti kinerja penyuluh di Desa Liang Ulu sudah baik dalam menjalankan tugasnya.
Kata kunci:Persepsi petani, Kompetensi Penyuluh.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI PETANI TERHADAP KOMPETENSI PENYULUH DI DESA LIANG ULU KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang ROLIANSYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci:Persepsi petani, Kompetensi Penyuluh.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua