Detail Cantuman Kembali
RISKA ADE AYU AFRINDA - Personal Name

INTERAKTIVITAS WEBSITE BELIMBING.ID SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BELIMBING KECAMATAN BONTANG BARAT KOTA BONTANG



Riska Ade Ayu Afrinda, 1402055068, Interaktivitas Website Belimbing.id sebagai Media Komunikasi dalam Meningkatkan Sistem Pelayanan Masyarakat di Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat Kota Bontang. Dibawahbimbingan dari Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Kheyene Molekandella Boer S.I.Kom., M.I.Kom selaku pembimbing II. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Instruksi Presiden RI NO. 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government untuk meningkatkan kualitas pelayananpemerintahan. Dalam mendukung hal tersebut dan mendukung Misi WalikotaBontang untuk mewujudkan Bontang Smart City, Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat secara proaktif mengimplementasikan misi tersebut dengan membangun aplikasi e-Kelurahan melalui web http://belimbing.id/. Makadari itu peneliti tertarik untuk mengetahui dan menganalisis interaktivitas websitebelimbing.id sebagai media komunikasi dalam meningkatkan sistem pelayananmasyarakat di Kelurahan Belimbing menggunakan teori konvergensi media (Henry Jenkins) dengan fokus penelitian adalah analisis interaktivitas (McMillan)dengan indikator user to system, user to user, user to document.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaktivitas website belimbing.idberdasarkan indikator diatas adalah sebagai berikut, user to system dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan situs melalui fitur yang ada di websitetersebut, dan pada website belimbing terdapat fitur-fitur dari sistem informasimanajemen pada bagian depan (Home) sampai Kontak untuk mendukunginteraktivitas tersebut. Konsep user to user merupakan komunikasi antarpenggunanya ataupun dengan pengelola situs tersebut, dimana pada website initelah disediakan kolom untuk berdiskusi bagi Ketua RT dan masyarakat. Terakhir user to document interaksi kali ini terjadi seperti bagaimana pengguna berinteraksidengan suatu website dengan cara memosting komentar namun pada website belimbing konsep interaktivitas ini tidak terjadi karena pada informasi atau beritayang diposting oleh pihak Kelurahan hanya dapat di baca saja tanpa ada fitur pendukung lainnya.
Kata Kunci: Interaktivitas, Konvergensi Media, e-Government.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul INTERAKTIVITAS WEBSITE BELIMBING.ID SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN SISTEM PELAYANAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BELIMBING KECAMATAN BONTANG BARAT KOTA BONTANG
Pengarang RISKA ADE AYU AFRINDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Interaktivitas, Konvergensi Media, e-G
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua