Detail Cantuman Kembali
Hesti Samsulistia Sari - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hesti Samsulistia Sari, 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada Siswa Kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Di bimbing oleh Drs. H. La Djangka, M.Pd selaku pembimbing I dan Dra. Sudillah MW, M.Pd selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Teams Games Tournaments (TGT)

Penelitian ini berlatar belakang pada hasil belajar IPA yang dicaapi oleh siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil belajar yang kurang maksimal tersebut dapat dipengaruhi oleh proses belajar mengajar yang monoton dengan metode tradisional yang tidak menyenangkan. Berdasarkan latar belakang maka rumusan masalah yang akan diteliti adalah Bagaimana peningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan 2 pertemuan disetiap siklusnya. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sementara itu tekhnik analisis data yang digunakan adalah rumus rata-rata hasil belajar, rumus persentase ketuntasan serta rumus presentase peningkatan hasil belajar.
Hasil analisis meliputi hasil observasi aktivitas guru dan siswa menunjukkan bahwa keduanya mendapatkan tingkat keberhasilan yang baik. Presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 55.2 % dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 21, sementara itu di siklus II presentase ketuntasannya menjadi 73.6 % dengan 28 siswa yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 84 % dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa. Presentase peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari siklus I ke Siklus II sebesar 18%, sementara itu dari siklus II ke siklus III sebesar 5.8 % dan dari siklus I ke Siklus III sebesar 25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 008 Samarinda Ulu, peneliti menyarankan kepada pihak sekolah agar dapat lebih berinovasi dalam melakukan proses belajar mengajar salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN 008 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang Hesti Samsulistia Sari - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Teams Games Tournaments (TGT)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua