PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016
Maria Ulfah, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas IV SDN 006 Samarinda Kota Tahun Ajaran 2015/2016 di bawah bimbingan Drs. Asyril, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Make a Match, Bilangan Pecahan
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Kota menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Penelitian dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Rancangan penelitian terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase dan grafik.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai dasar 55,83 naik menjadi 70,97 dan persentase peningkatannya 27,12%. Aktivitas siswa dinilai cukup dan guru dinilai kurang baik. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus I 70,97 naik menjadi 78,89 dan persentase peningkatannya 11,16%. Aktivitas siswa dan guru dinilai baik. Pada siklus III terjadi peningkatan hasil belajar dari rata-rata siklus II 78,89 naik menjadi 84,72 dan persentase peningkatannya 7,39%. Aktivitas siswa dan guru dinilai sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan siswa kelas IV SDN 006 Samarinda Kota mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA KOTA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | MARIA ULFAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar Matematika, Make a Match, Bilangan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY