Detail Cantuman Kembali

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 001 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Uchi Putri Etami Supriatman, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas III SDN 001 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016. (Di bombing oleh Bapak Dr. Budi Rahardjo, M.S selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dra. Hj. Warsinah, M.Pd selaku dosen pembimbing II).

Kata kunci : Hasil belajar matematika, bangun datar, make a match.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas III A SDN 001 Samarinda Ilir. Prosedur yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan disetiap akhir siklus di adakan evaluasi atau tes. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Teknik dokumentasi dikumpulkan ketika penelitian berlangsung. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran dan dilakukan di akhir siklus. Hasil penelitian siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match menunjukkan adanya peningkatan karena siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk Matematika yaitu 65. Siklus I tingkat presentase ketuntasan 54% atau 13 siswa yang tuntas dari 24 siswa, karena belum memenuhi target maka peneliti melakukan penelitian siklus II setelah diberikan refleksi dan hasilnya menunjukkan keberhasilan yaitu 87,5% atau 21 siswa yang tuntas dari 24 siswa. Selisih persentase antara siklus 1 dan siklus II adalah 33,5% dengan 8 siswa yang mengalami peningkatan pada siklus II. Meskipun terdapat 3 siswa yang belum tuntas, namun dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 70%, maka siswa kelas III A dinyatakan tuntas dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas III SDN 001 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN 001 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang UCHI PUTRI ETAMI SUPRIATMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek bangun datar, make a match.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua