PENINGKATANHASIL BELAJAR IPS MATERI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
YAQUT ITSNATAIN, 2016 :“PeningkatanHasilBelajar IPS Materi KebutuhanHidupManusiamelalui Model Pembelajaran Talking StickSiswaKelas IIISD Negeri 028Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016”. Dibimbing olehDr. Budi Rahardjo, M.S sebagai pembimbing I dan Dra. Hj. Warsinah, M.Pd sebagai Pembimbing II.
KataKunci: Hasil BelajarIPS, KebutuhanHidupManusia, Model Pembelajaran Talking Stick
TujuanpenelitianiniuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarIPSmateri kebutuhanhidupmanusiamelalui model pembelajaran talking sticksiswakelas III SDNegeri 028Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2015/2016.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK), prosedurpenelitian yang digunakanadalah: perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Penelitianinimenggunakanduasiklus, setiapsiklusterdiridaritigapertemuandansetiapsiklusnyadiadakanevaluasiatautes. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikobservasidantes. Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanrumus rata-rata, persentasedangrafik. Penelitian ini dilaksanakan di SDNegeri 028Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDNegeri 028Samarinda Ilir yang berjumlah 20 siswadan 1 guru. Objek penelitiannya adalah meningkatkanhasilbelajaripsmateri kebutuhanhidupmanusiasiswakelas III SD Negeri 028Samarinda Ilirtahunpembelajaran 2015/2016.Hasilpenelitianini menunjukkan peningkatan nilai hasil belajar siswa setiap siklus dengantingkatkeberhasilandariprasiklussebesar 30% siklus I sebesar60% dansiklus IIsebesar85%. Sehinggapenelitianinidikatakanberhasilkarenadapatmencapaiindikatorkeberhasilan yang telahditentukanyaitusebesar85% siswa dari kelas memperoleh nilai diatas KKM yaitu ≥ 70, denganjumlahsiswatuntassebanyak 17 orang dansiswatidaktuntasada 3 orang.BerdasarkanhasilpenelitiandanpembahasandapatdisimpulkanbahwahasilbelajarIPSmateri kebutuhanhidupmanusiamelalui model pembelajran talking stick padasiswakelas III SD Negeri 028Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016meningkat, adapapunpeningkatandariprasikluskesiklus I sebesar30%, sedangkandarisiklus I kesiklus II sebesar15% menjadi 85%
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATANHASIL BELAJAR IPS MATERI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | YAQUT ITSNATAIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Pembelajaran Talking Stick |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY