PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
NurulLiyani. 2016. PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriSifat-sifatBangunDatarMenggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) padaSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016.Skripsi, PogramStudi S1 PGSD FKIP UniversitasMulawarman. Pembimbing I H. La Djangka, M.PddanPembimbing IIDra.Sudillah MW, M.Pd
Kata Kunci : HasilBelajarMatematika - Model Pembelajaran STAD
Latarbelakangpenelitianiniadalah proses pembelajaran di sekolahkurangdapatmeningkatkanaktivitassiswasehinggamengakibatkankanrendahnyahasilbelajarmatematikapadasiswakelas V SDN 006 SamarindaUlutahunpembelajaran 2015/2016. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: BagaimanaPeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriSifat-sifatBangunDatarMenggunakan Model PembelajaranStudent Team Achievement Division (STAD) padaSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016. Penelitianbertujuanuntukmeningkatakanhasilbelajarmatematikamaterisifat-sifatbangundatarmenggunakan model pembelajaran STAD padasiswakelas V SDN 006 SamarindaUlutahunpembelajaran 2015/2016.
JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas yang terdiridari 3 siklus, Setiapsiklusterdiridari 2 pertemuandansetiappertemuanterdiridari 4 tahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Penelitianinidilakasanakan di SDN 006 SamarindaUludengansubjekpenelitianadalahsiswakelas V yang berjumlah 20 siswadanobjekpenelitianadalahhasilbelajarsiswamenggunakan model STAD.Teknikpengumpulan datadalampenelitianiniadalahdenganmelakukanpengamatan (observasi), testertulisdandokumentasi. Teknikanalisis data dalampenelitianiniadalahdenganmenentukan rata-rata hasilbelajarsiswa, persentasedangrafikuntukmengetahuihasilbelajardanpeningkatanhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpersentasepadasetiapsiklus. Persentasehasilbelajarpadasiklus 1 adalah45%, meningkatpadasiklus 2 denganpersentase 60%, danpadasiklus 3 menjadi80%.Peningkatanpersentasenyadarisiklus 1 kesiklus 2 adalah 12,41%, siklus 2 kesiklus 3 adalah 10,94 %, dandarisiklus 1 kesiklus 3 adalah 24,71%.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamenggunakan model pembelajaran STAD, hasilbelajarmatematikasiswapadamaterisifat-sifatbangundatar di kelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016 mengalamipeningkatan.Dengandemikian model pembelajaran STAD bisadijadikananjuranuntukmeningkatakan pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | Nurul Liyani - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | HasilBelajarMatematika - Model Pembelajaran STAD. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY