Detail Cantuman Kembali
Nurul Liyani - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

NurulLiyani. 2016. PeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriSifat-sifatBangunDatarMenggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) padaSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016.Skripsi, PogramStudi S1 PGSD FKIP UniversitasMulawarman. Pembimbing I H. La Djangka, M.PddanPembimbing IIDra.Sudillah MW, M.Pd

Kata Kunci : HasilBelajarMatematika - Model Pembelajaran STAD

Latarbelakangpenelitianiniadalah proses pembelajaran di sekolahkurangdapatmeningkatkanaktivitassiswasehinggamengakibatkankanrendahnyahasilbelajarmatematikapadasiswakelas V SDN 006 SamarindaUlutahunpembelajaran 2015/2016. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: BagaimanaPeningkatanHasilBelajarMatematikaMateriSifat-sifatBangunDatarMenggunakan Model PembelajaranStudent Team Achievement Division (STAD) padaSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016. Penelitianbertujuanuntukmeningkatakanhasilbelajarmatematikamaterisifat-sifatbangundatarmenggunakan model pembelajaran STAD padasiswakelas V SDN 006 SamarindaUlutahunpembelajaran 2015/2016.
JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas yang terdiridari 3 siklus, Setiapsiklusterdiridari 2 pertemuandansetiappertemuanterdiridari 4 tahapyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi.Penelitianinidilakasanakan di SDN 006 SamarindaUludengansubjekpenelitianadalahsiswakelas V yang berjumlah 20 siswadanobjekpenelitianadalahhasilbelajarsiswamenggunakan model STAD.Teknikpengumpulan datadalampenelitianiniadalahdenganmelakukanpengamatan (observasi), testertulisdandokumentasi. Teknikanalisis data dalampenelitianiniadalahdenganmenentukan rata-rata hasilbelajarsiswa, persentasedangrafikuntukmengetahuihasilbelajardanpeningkatanhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatpeningkatanpersentasepadasetiapsiklus. Persentasehasilbelajarpadasiklus 1 adalah45%, meningkatpadasiklus 2 denganpersentase 60%, danpadasiklus 3 menjadi80%.Peningkatanpersentasenyadarisiklus 1 kesiklus 2 adalah 12,41%, siklus 2 kesiklus 3 adalah 10,94 %, dandarisiklus 1 kesiklus 3 adalah 24,71%.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamenggunakan model pembelajaran STAD, hasilbelajarmatematikasiswapadamaterisifat-sifatbangundatar di kelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016 mengalamipeningkatan.Dengandemikian model pembelajaran STAD bisadijadikananjuranuntukmeningkatakan pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang Nurul Liyani - Personal Name
No. Panggil
Subyek HasilBelajarMatematika - Model Pembelajaran STAD.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua