Detail Cantuman Kembali
WAHYUNINGTYAS - Personal Name

PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VSDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

WAHYUNINGTYAS 2016: PenerapanMetodeDiskusiKelompok Kecil PadaMata Pelajaran IPSBagiSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016. (DibimbingolehBapak Drs. H. Sunarno, M.Pdselakupembimbing I dan Drs. Akhmad Mile, M.Pdselakupembimbing II).

Kata Kunci: Penerapan, IPS, dan Metode Diskusi Kelompok Kecil

Latarbelakangmasalahpenelitianadalahbelumpernahditerapkannyametodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS di SDN 006 SamarindaUlukhususnya di kelas VC.Rumusanmasalahdalampenelitianadalah “Bagaimanapersiapan, pelaksanaan, danevaluasipenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS bagisiswakelas V SDN 006 SamarindaUlu?”.Dan tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuibagaimanapersiapan, pelaksanaan, danevaluasipenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS bagisiswakelas V SDN 006 SamarindaUlu.
Jenispenelitianadalahdeskriptifkualitatifdenganpendekatananalisisisi/dokumen.Penelitiandilaksanakan di SDN 006 SamarindaUlupada semester II tahunpembelajaran 2015/2016 dengansubjekpenelitianadalahsiswa-siswikelas VC SDN 006 SamarindaUlu yang berjumlah 22 siswa,sedangkanobjekpenelitianadalahpenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS. Teknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisi data dalampenelitaninimenggunakananalisisdeskriptifkualitatifdanujit.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS dapatmeningkatkankeaktifansiswadalammengerjakansoallatihan, motivasibelajarsiswadanmenumbuhkan rasa tanggungjawabuntuksalingmembantu.Selainitudapatmenumbuhkankeberanianserta rasa percayadirisiswauntukmenyampaikanpendapatnya.Hasil lain yang didapatdaripenerapanmetodediskusikelompokkecilterlihatdarinilaisiswa yang lebihbaikdarisebelumnyadantelahdiujikebenarannyadenganmenggunakancarastatistikyaituujit denganhasilpertemuan I denganpertemuan II t_hitung>t_tabel= 6,478>2,845danpadapertemuan II dengan III t_hitung>t_tabel = 8,584>2,845 yang dimananilait_hitunglebihbesardarinilait_tabelmakaHa diterimadan Ho ditolak yang artinyaterdapatperbedaannilaihasildiskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS.
Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukanolehpenelitidapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodediskusikelompokkecilberhasilditerapkandenganbaikoleh guru padamatapelajaran IPS kelas V SDN 006 SamarindaUlu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VSDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang WAHYUNINGTYAS - Personal Name
No. Panggil
Subyek IPS, dan Metode Diskusi Kelompok Kecil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua