PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VSDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
WAHYUNINGTYAS 2016: PenerapanMetodeDiskusiKelompok Kecil PadaMata Pelajaran IPSBagiSiswaKelas V SDN 006 SamarindaUluTahunPembelajaran 2015/2016. (DibimbingolehBapak Drs. H. Sunarno, M.Pdselakupembimbing I dan Drs. Akhmad Mile, M.Pdselakupembimbing II).
Kata Kunci: Penerapan, IPS, dan Metode Diskusi Kelompok Kecil
Latarbelakangmasalahpenelitianadalahbelumpernahditerapkannyametodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS di SDN 006 SamarindaUlukhususnya di kelas VC.Rumusanmasalahdalampenelitianadalah “Bagaimanapersiapan, pelaksanaan, danevaluasipenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS bagisiswakelas V SDN 006 SamarindaUlu?”.Dan tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuibagaimanapersiapan, pelaksanaan, danevaluasipenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS bagisiswakelas V SDN 006 SamarindaUlu.
Jenispenelitianadalahdeskriptifkualitatifdenganpendekatananalisisisi/dokumen.Penelitiandilaksanakan di SDN 006 SamarindaUlupada semester II tahunpembelajaran 2015/2016 dengansubjekpenelitianadalahsiswa-siswikelas VC SDN 006 SamarindaUlu yang berjumlah 22 siswa,sedangkanobjekpenelitianadalahpenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS. Teknikpengumpulan data dilakukandenganmenggunakanobservasi, wawancara, dandokumentasi.Teknikanalisi data dalampenelitaninimenggunakananalisisdeskriptifkualitatifdanujit.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmetodediskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS dapatmeningkatkankeaktifansiswadalammengerjakansoallatihan, motivasibelajarsiswadanmenumbuhkan rasa tanggungjawabuntuksalingmembantu.Selainitudapatmenumbuhkankeberanianserta rasa percayadirisiswauntukmenyampaikanpendapatnya.Hasil lain yang didapatdaripenerapanmetodediskusikelompokkecilterlihatdarinilaisiswa yang lebihbaikdarisebelumnyadantelahdiujikebenarannyadenganmenggunakancarastatistikyaituujit denganhasilpertemuan I denganpertemuan II t_hitung>t_tabel= 6,478>2,845danpadapertemuan II dengan III t_hitung>t_tabel = 8,584>2,845 yang dimananilait_hitunglebihbesardarinilait_tabelmakaHa diterimadan Ho ditolak yang artinyaterdapatperbedaannilaihasildiskusikelompokkecilpadamatapelajaran IPS.
Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukanolehpenelitidapatdisimpulkanbahwapenerapanmetodediskusikelompokkecilberhasilditerapkandenganbaikoleh guru padamatapelajaran IPS kelas V SDN 006 SamarindaUlu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS VSDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | WAHYUNINGTYAS - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | IPS, dan Metode Diskusi Kelompok Kecil |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY