Detail Cantuman Kembali
HANIFAH AZHARI - Personal Name

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hanifah Azhari, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV SDN 006 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015/2016. (Dibimbing oleh Bapak Drs. H. Sunarno, M.Pd selaku pembimbing I dan Drs. Akhmad Mile, M.Pd selaku pembimbing II).
Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran Talking Stick, IPS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS kelas IV. Penelitian berlangsung selama 3 kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah satu orang guru selaku wali kelas IV serta siswa-siswi kelas IVB. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran talking stick yang diterapkan oleh guru wali kelas IV B Ibu Afriayana Wahyunarti, A.Ma. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan catatan lapangan, hasil observasi dan wawancara yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, kemudian kesimpulan. Selain itu, dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang ada terdapat di aplikasi SPSS versi 16.0 for window dan dilanjutkan dengan Uji- t untuk mencari apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada pertemuan I dan II, II dan III dalam penerapan model pembelajaran talking stick.
Hasil penelitian menunjukan dalam penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV adalah tahap persiapan meliputi: merancang RPP, menyiapkan media dan alat peraga, menyiapkan sebuah tongkat dengan panjang ± 20 cm untuk permainan talking stick dan membuat nama-nama anggota kelompok siswa serta mengatur ruang belajar. Tahap selanjutnya yaitu pelaksanaan yang meliputi: kegiatan pendahuluan seperti berdoa, menbgisi daftar kelas, melakukan apersepsi dan menyampaikan judul materi ajar, bermain talking stick dengan diiringi lagu atau tepukan, pemberian tugas kelompok maupun individu dan kegiatan rutin akhir seperti menyimpulkan materi ajar, berdoa dan salam. Guru dan siswa juga merasa model pembelajaran ini sangat menarik dan dapat menumbuhkan semangat belajar siswa. Hasil uji korelasi dan Uji-T juga menunjukkan terdapat perbedaan antara rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan I dan II, II dan III dalam penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, hasil belajar siswa juga semakin baik, serta model pembelajaran ini dapat diterapkan untuk berbagai materi ajar selanjutnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang HANIFAH AZHARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Talking Stick, IPS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua