Detail Cantuman Kembali
NURMALA SARI BURHAN - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKATENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGISERTA PERSEGI PANJANGMELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWAKELAS III SDN. 001 SAMARINDA ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

NURMALA SARI BURHAN 2016.PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarMatematikaTentangKelilingdanLuasPersegisertaPersegiPanjangMelalui Model PembelajaranExplicit Instruction PadaSiswaKelas III SDN 001 SamarindaIlirTahunPembelajaran 2015/2016.DibimbingolehDrs. H. Sujiman, M.Pd.,selakupembimbing I danIksam, S.Pd, M.Pd., selakupembimbing II.
KATA KUNCI: AktivitasPembelajaran, HasilBelajarMatematika, Explicit Instruction.
Berdasarkan data hasilbelajar yang diperolehdariwalikelas III, nilai rata-rata matematikasiswakelas III SDN 001 SamarindaIlirhasilnyasangatrendahdantidakmencapaiKKM.Berbagaiupayatelahdilakukanoleh guru tetapibelummampumenunjukkanhasil yang optimal.Makapenelitiinginmenerapkanmodel pembelajaranExplicit Instruction pada proses pembelajarankhususnyapadapokokbahasankelilingdanluaspersegisertapersegipanjang.TujuanPenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarmatematikapadamateriKelilingdanLuasPersegisertaPersegiPanjang, denganmenggunakan Model PembelajaranExplicit Instruction siswakelas III.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasiaktivitas guru dansiswa, dokumentasi ,dantes/evaluasi.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilaksanakandalamtigasiklusmeliputiperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Tiapsiklusdilaksanakandua kali pertemuan.Permasalahan yang terdapatpadasiklus I akanditindaklanjutipadasiklus IIdansiklusIII. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas III SD Negeri 001SamarindaIliryang berjumlah27siswadanobjekpenelitianadalahdenganmenggunakan Model PembelajaranExplicit Instruction.
Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, dapatdisimpulkanbahwaaktivitasdanhasilbelajarmatematikatentangkelilingdanluaspersegisertapersegipanjangmelaluimodel pembelajaranExplicit Instruction padasiswakelas III SDN 001 SamarindaIlirtahunpembelajaran 2015/2016 meningkat.Peningkatantersebutterbuktidarihasilobservasiaktivitasberlajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus.Padasiklus I diperolehpresentasesebesar 45,92%. Padasiklus II diperolehpresentasesebesar 56,56%. Padasiklus III diperolehpresentasesebesar 80%.Peningkatanhasilobservasiaktivitassiswadarisiklus I kesiklus II sebesar 1 sebesar 10,64%, siklus II kesiklus III sebesar 23,44%, siklus I kesiklus III sebesar 34,08%.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus.Padaprasiklusdiperolehpresentaseketuntasanbelajar14,8%, padasiklus I diperolehpresentasesebesar 40,7%, padasiklus II diperolehpresentasesebesar63%, padasiklus III diperolehpresentasesebesar 85,2%.Peningkatanhasilbelajarsiswadariprasikluskesiklus I diperolehpresentasesebesar 25,9%, darisiklus I kesiklus II diperolehpresentasesebesar 22,3%, darisiklus II kesiklus III diperolehpresentasesebesar 22,2%, dariprasikluskesiklus III diperolehpresentase 70,4%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKATENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGISERTA PERSEGI PANJANGMELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWAKELAS III SDN. 001 SAMARINDA ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang NURMALA SARI BURHAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek AktivitasPembelajaran, HasilBelajarMatematika, Exp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua