PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKATENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGISERTA PERSEGI PANJANGMELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWAKELAS III SDN. 001 SAMARINDA ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
NURMALA SARI BURHAN 2016.PeningkatanAktivitasdanHasilBelajarMatematikaTentangKelilingdanLuasPersegisertaPersegiPanjangMelalui Model PembelajaranExplicit Instruction PadaSiswaKelas III SDN 001 SamarindaIlirTahunPembelajaran 2015/2016.DibimbingolehDrs. H. Sujiman, M.Pd.,selakupembimbing I danIksam, S.Pd, M.Pd., selakupembimbing II.
KATA KUNCI: AktivitasPembelajaran, HasilBelajarMatematika, Explicit Instruction.
Berdasarkan data hasilbelajar yang diperolehdariwalikelas III, nilai rata-rata matematikasiswakelas III SDN 001 SamarindaIlirhasilnyasangatrendahdantidakmencapaiKKM.Berbagaiupayatelahdilakukanoleh guru tetapibelummampumenunjukkanhasil yang optimal.Makapenelitiinginmenerapkanmodel pembelajaranExplicit Instruction pada proses pembelajarankhususnyapadapokokbahasankelilingdanluaspersegisertapersegipanjang.TujuanPenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatanaktivitasdanhasilbelajarmatematikapadamateriKelilingdanLuasPersegisertaPersegiPanjang, denganmenggunakan Model PembelajaranExplicit Instruction siswakelas III.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasiaktivitas guru dansiswa, dokumentasi ,dantes/evaluasi.
Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Penelitianinidilaksanakandalamtigasiklusmeliputiperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Tiapsiklusdilaksanakandua kali pertemuan.Permasalahan yang terdapatpadasiklus I akanditindaklanjutipadasiklus IIdansiklusIII. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas III SD Negeri 001SamarindaIliryang berjumlah27siswadanobjekpenelitianadalahdenganmenggunakan Model PembelajaranExplicit Instruction.
Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, dapatdisimpulkanbahwaaktivitasdanhasilbelajarmatematikatentangkelilingdanluaspersegisertapersegipanjangmelaluimodel pembelajaranExplicit Instruction padasiswakelas III SDN 001 SamarindaIlirtahunpembelajaran 2015/2016 meningkat.Peningkatantersebutterbuktidarihasilobservasiaktivitasberlajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus.Padasiklus I diperolehpresentasesebesar 45,92%. Padasiklus II diperolehpresentasesebesar 56,56%. Padasiklus III diperolehpresentasesebesar 80%.Peningkatanhasilobservasiaktivitassiswadarisiklus I kesiklus II sebesar 1 sebesar 10,64%, siklus II kesiklus III sebesar 23,44%, siklus I kesiklus III sebesar 34,08%.Hasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus.Padaprasiklusdiperolehpresentaseketuntasanbelajar14,8%, padasiklus I diperolehpresentasesebesar 40,7%, padasiklus II diperolehpresentasesebesar63%, padasiklus III diperolehpresentasesebesar 85,2%.Peningkatanhasilbelajarsiswadariprasikluskesiklus I diperolehpresentasesebesar 25,9%, darisiklus I kesiklus II diperolehpresentasesebesar 22,3%, darisiklus II kesiklus III diperolehpresentasesebesar 22,2%, dariprasikluskesiklus III diperolehpresentase 70,4%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKATENTANG KELILING DAN LUAS PERSEGISERTA PERSEGI PANJANGMELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWAKELAS III SDN. 001 SAMARINDA ILIRTAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | NURMALA SARI BURHAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | AktivitasPembelajaran, HasilBelajarMatematika, Exp |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY