Detail Cantuman Kembali
Gapur Rahman - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI,MANFAAT, DAN NILAI EKOLOGIS POHON DI KOTA SAMARINDA


Gapur rahman, Nim 1402035096. Persepsi Masyarakat Terhadap Fungsi, Manfaat, dan Nilai Ekologis Pohon di Kota Samarinda. Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UniversitasMulawarman. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap fungsi, manfaat, dan nilai ekologis pohon di kota Samarinda, serta memberikan rekomendasi kepada pemerintah kota Samarinda dan masyarakatuntuk meningkatkan persepsi masyarakat terhadap fungsi, manfaat, dan nilai ekologis pohon di kota Samarinda agar masyarakat menjaga dan melestarikan pohon yang sudah ada.
Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitiandeskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu Pemerhati Lingkungan, Ketua RT, masyarakat umum di Kota Samarinda dan beberapa anggota masyarakat yang mematikan pohon atau yang merusak pohonyang tidak mengganggu masyarakat di Kota Samarinda. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah teknik penelitian lapangan, yaitu wawancara dan observasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa Persepsi
Masyaratakat Tentang Fungsi, Manfaat, dan Nilai Ekologis Pohon sudah benar,akan tetapi prilaku mereka belum sesuai dengan persepsinya karena beberapamasyarakat masih ada yang mematikan pohon hanya karena malas menyapu atau membersihkan rontokan daun pohon tersebut. Di sisi lain Pemerintah Kota Samarinda telah mengeluarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kota Samarindanomor 19 tahun 2013 tentang penghijaun setiap orang dilarang dengan sengaja memaku pohon apalagi menebang, memasang dan menempel sepanduk, poster,baleho dan jenis periklanan lainnya pada tanaman penghijauan atau pohon
pelindung lokasi taman dan median jalan di dalam wilayah Kota Samarinda pelaku akan didenda ddan dipidana dengan kurungan paling lama 6 (enam) bulan dan denda paling banyak Rp. 50.000.000, - (lima puluh juta rupiah). Disarankan kepada pemerintah kota Samarinda agar lebih intensif mensosialisasikan PERDA kota Samarinda nomor 19 tahun 2013 agar masyarakat lebih menjaga dan melestarikan pohon yang memiliki fungsi, manfaat, dan nilai ekologis.
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, fungsi, manfaat, dan nilai ekologis pohon.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI,MANFAAT, DAN NILAI EKOLOGIS POHON DI KOTA SAMARINDA
Pengarang Gapur Rahman - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, fungsi, manfaat,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Pembangunan Sosial Konsentrasi Sosiologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua