Detail Cantuman Kembali
Nurul Hidayah - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SD SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Nurul Hidayah, 2016: Peningkatan hasil belajar IPA SD sumber daya alam melalui model cooperative learning pada siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir, dengan bimbingan Drs. Benyamin Matius,M.Pd selaku pembimbing 1 dan Drs.Nicodemus Serre,M.Pd selaku pembimbing 2.

Kata kunci : Hasil belajar sumber daya alam dan model cooperative learning

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA SD sumber daya alam melalui model cooperative learning.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung sebanyak dua siklus,subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 028 samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016, yang berjumlah 23 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tentang sumber daya alam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan nilai KKM 70. Jika dilihat dari hasil belajar siklus I meningkat menjadi 26,09 % dari nilai prasiklus. Nilai rata-rata dari 23 siswa pada siklus I sebesar 71,96. Dengan siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa. Persentase siswa yang tuntas sebesar 69,57 %. Hasil belajar siklus II meningkat menjadi 30,34 % dari siklus I. Nilai rata-rata dari 23 siswa pada siklus II sebesar 84,57. Dengan siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa. Persentase siswa yang tuntas sebesar 100 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2015/2016.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SD SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang Nurul Hidayah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil belajar sumber daya alam dan model cooperati
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua