Peningkatan Hasil Belajar IPA SD Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016
Kharisma Falahati. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA SD Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016. Di bawah bimbingan Drs. Benyamin Matius, M. Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Nicodemus Serre sebagai pembimbing II.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA siswa SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016, dimana hasil belajar masih di bawah KKM, diharapkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar IPA siswa dapat meningkat. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA SD perubahan kenampakan bumi dan benda langit melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA SD perubahan kenampakan bumi dan benda langit melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir yang berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 14 perempuan dan 14 laki-laki. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa serta keterampilan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus, yaitu satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa hasil belajar IPA pada materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hasil belajar prasiklus (dasar) nilai rata-rata sebesar 51,25 dengan persentase ketuntasan 14,29% dengan kriteria kurang. Hasil belajar siklus I rata-rata sebesar 64,64 dengan persentase ketuntasan 46,42% dengan kriteria cukup. Siklus II rata-rata hasil belajar 82,41 dengan persentase ketuntasan 85,71% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan data di atas, disarankan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada proses pembelajaran khususnya pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPA SD Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas IV SDN 002 Loa Janan Ilir Tahun Pelajaran 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | KHARISMA FALAHATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY