Detail Cantuman Kembali
RETNO WULAN DEWI ARIATNA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Retno Wulan Dewi Ariatna, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas IV SDN 006 Samarinda Kota Tahun Pembelajaran 2015/2016. Di bawah bimbingan Drs. H. Kusdar, M.Ag, selaku dosen pembimbing I dan Drs. Benyamin Matius, M.Pd selaku dosen pembimbing II.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pecahan Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas IV di SDN 006 Samarinda Kota. Penelitian ini dilakukan di SDN. 006 Samarinda Kota dengan subyek penelitian adalah hasil belajar matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus, siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dimana pada akhir pertemuan dalam setiap siklus diadakan evaluasi, soal tes belajar tiap siklus berbentuk isian. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas harian (evaluasi), lembar observasi siswa dan guru serta tes akhir siklus. Data yang diperoleh disajikan dalam rata-rata, persentase dan grafik. Sedangkan yang menjadi observator adalah peneliti dan guru kelas.
Pada pra siklus memperoleh rata-rata kelas 49,21 dengan jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dan presentase ketuntasan 28,94% . Siklus I memperoleh rata-rata kelas 52,5 dengan jumlah siswa yang tuntas 14 siswa dengan presentase ketuntasan 36,84% dan siswa yang belum tuntas 24 siswa dengan presentase 63,16%. Siklus II memperoleh rata-rata kelas 67,89 dengan jumlah siswa yang tuntas 25 siswa dengan presentase ketuntasan 65,78% dan siswa yang belum tuntas 13 siswa dengan presentase 34,22%.. Siklus III memperoleh rata-rata kelas 79,60 dengan jumlah siswa yang tuntas 31 siswa dengan presentase ketuntasan 81,57% dan siswa yang belum tuntas 7 siswa dengan presentase 18,43%. Dari hasil analisis data pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 27,27%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat 78,57%. Pada siklus III hasil belajar siswa meningkat 24%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN. 006 Samarinda Kota.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV SDN 006 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang RETNO WULAN DEWI ARIATNA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua