Detail Cantuman Kembali
SITI ARIFAHTURRAHMAH - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF vTIPE STAD SISWA KELAS V SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Siti Arifahturrahmah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Perkalian Pecahan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V SDN 027 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2015/2016. Dibimbing oleh Drs. H. Kusdar, M.Ag sebagai pembimbing I dan Drs. Benyamin Matius, M.Pd sebagai pembimbing II.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Perkalian Pecahan

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi Perkalian Pecahan siswa kelas V SDN 027 Samarinda Ulu dengan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe STAD. Penelitian dilaksanakan pada Semester II tahun pembelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Instrumen pengumpulan data berupa tes dan observasi. Soal tes pada setiap siklus berbentuk uraian. Observasi dilaksanakan pada setiap pertemuan selama pembelajaran berlangsung oleh guru mata pelajaran dan mahasiswa. Penelitian dilakukan selama 2 Siklus yang terdiri atas 2 pertemuan tatap muka. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, persentase, dan grafik untuk menganalisis tugas dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai dasar 56,31 naik menjadi 68,89. Siswa yang tuntas adalah 23 siswa (63,89%) dan yang tidak tuntas adalah 13 siswa (36,11%). Aktivitas guru dinilai cukup dan siswa dinilai kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari rata-rata nilai akhir siklus I dari 68,89 menjadi 77,15. Siswa yang tuntas adalah 31 siswa (86,11%) dan yang tidak tuntas adalah 5 siswa (13,89%). Aktivitas guru dan siswa dinilai baik. Rata-rata nilai akhir siklus II sudah memenuhi standar ketuntasan minimal SDN 027 Samarinda Ulu yaitu 70 dan pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan harapan sehingga pada siklus II memenuhi target pencapaian hasil belajar matematika yang telah ditetapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematika tentang Perkalian Pecahan siswa kelas V SDN 027 Samarinda Ulu mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF vTIPE STAD SISWA KELAS V SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Pengarang SITI ARIFAHTURRAHMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua