PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD BILANGAN ROMAWI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016
Nur, Maulidatin. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika SD Bilangan Romawi dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada Siswa Kelas IV SDN 028 Samarinda Ilir . Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. Pembimbing : (1) Drs. Benyamin Matius, M.Pd; (2) Drs. Nicodemus Sere, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika,Bilangan Romawi, Tipe Make a Match
Berdasarkan studi pendahuluan, penulis menemuka masih ada siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran Matematika, hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode yang monoton yaitu metode ceramah, tapi untuk memberikan variasi ke dalam metode ceramah sering terbentur alat peraga, media dan alat penunjang lainnya. Upaya peningkatan hasil belajar siswa di sekolah adalah dengan cara perbaikan proses belajar mengajar. Dalam hal ini, diperlukan guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun seemikian rupa dengan menggunakan metode yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehingga pada akhirnya dapat diperoleh hasil belajar yang optimal. Melaui model pembelajarabn Kooperatif tipe make a match, siswa dilibatkan secara aktif dalam mencari pasangan kelompok dan bekerja sama dengan teman kelompoknya. Penelitian dilaksanakan di SDN 028 Samarinda Ilir. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 23 siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus dalam aktifitas penelitian dilakukan melalui prosedur PTK, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata tes belajar siswa mengalami kenaikan setiap siklus, nilai rata-rata pra siklus yaitu 59,5, siklus I yaitu 72, kemudian siklus II menjadi 84.
Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran tipe make a match disarankan agar diterapkan sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD BILANGAN ROMAWI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN 028 SAMARINDA ILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016 |
---|---|
Pengarang | MAULIDATIN NUR - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Hasil Belajar Matematika,Bilangan Romawi, Tipe Mak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY