PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Kata kunci: Menulis, Teks Berita, dan Examples non Examples Latar Belakang penelitian ini karena pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP 40 Samarinda masih sangat rendah, dari segi minat dan aktivitas siswa dalam prosesbelajar mengajar dan Kurang variatif cara guru mengajar. Siswa banyak mengalami permasalahanyaitu siswa kurang mampu menulis teks berita sehingga siswa menjadi tidak sesuai dengan tujuanyang ingin dicapai. Salah satu cara yang digunakan peneliti untuk mengatasi masalah-masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran examples non examples.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemapuan siswa dalam menulis teks beritakelas VIII B SMP 40 samarinda dan untuk meningkatkan ke aktifan belajar siswa. Manfaatpenelitian ini adalah menambah pengetahuan khususnya dalam menulis teks berita, menambahpengetahuan guru dalam mengembangkan metode pembelajaran. Manfaat yang diharapkan daripenelitian ini agar prestasi belajar siswa serta kemampuan menulis teks berita dapat meningkat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yaitu suatu metode yang menerapkanlangkahā€¯ pembelajaran tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, prosedurpenelitian kelas dilaksanakan melalui proses yang terdiri dari 4 tahap, yaitu 1. Perencanaan, 2.Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ke;as VIII B SMP 40 Samarinda tahun pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 26 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menulis teks berita siswa dari nilai rata-rata pada prasiklus adalah 63,26 dan nilai rata-rata pada siklus I adalah 71,73 pada siklus I nilai ratarata siswa belum memenuhi kriteria keberhasilan 75, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II.
Setelah melanjutkan penelitian siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 71,78 pada siklus Imeningkat menjadi 76,15 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di simpulkanmelalui model pembelajaran examples non examples guru dengan mudah bervariatif dalam caramengajar dan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis teks berita di kategorikan cukup baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | RERI SUCI MEISELLA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Menulis, Teks Berita, dan Examples non |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY