PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2019/2020
Nursinta. 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri seKecamatan Tenggarong Seberang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi,Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP,Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dr. H. Abd. Basir A, M.Si dan (II) Dr. Sugeng, M.Pd
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Belajar (X1 ) dan Kebiasaan Belajar (X2 ) terhadap Hasil Belajar Matematika (Y) siswa kelas X MIPA di SMA Negeri se-Kecamatan Tenggarong Seberang tahun ajaran 2019/2020.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Negeri seKecamatan Tenggarong Seberang yang berjumlah 260 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh sampel minimal 155 siswa, sehingga sampel yang digunakan sebanyak 188 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data Hasil Belajar Matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu analisis jalur.
Hasil analisis data secara deskriptif untuk variabel Lingkungan Belajar dan variabel Kebiasaan Belajar termasuk kategori sedang, kemudian variabel Hasil Belajar Matematika dengan nilai rata-rata sebesar 64,735 termasuk kategori kurang. Dari hasil analisis menggunakan analisis jalur diperoleh bahwa terdapat pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Kebiasaan Belajar dengan taraf signifikan statistik 0,000 dan koefisien jalur sebesar 0,607, terdapat pengaruh tidak langsung Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Kebiasaan Belajar dengan taraf signifikan statistik 0,001 dan koefisien jalur sebesar 0,275 sertaterdapat pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika dengan taraf signifikan statistik 0,000 dan koefisien jalur sebesar 0,453. Dengan demikian, terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas X MIPA di SMA Negeri se-Kecamatan Tenggarong Seberang tahun ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | NURSINTA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kebiasaan Be |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY