PENGARUH SELF-EFFICACY, CURIOSITY DAN KOMUNIKASI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020
Izzati, Ghazian Nurin. 2019. Pengaruh Self-efficacy, Curiosity dan Komunikasi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPNegeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Haeruddin, M.Si. dan (II) Dr. Sugeng, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-efficacy, Curiosity, dan Komunikasi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VIIISMP Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Penelitian ini terdiri dari satu variabel eksogen yaitu Self-efficacy (X1), dan tiga variabel endogen yaitu Curiosity (X2), Komunikasi Teman Sebaya (X3) dan Hasil Belajar Matematika (Y).
Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda yang terdiri dari11 kelas dan berjumlah 342 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik cluster sampling, sampel dalam penelitian adalah 6 kelas yang berjumlah 184 siswa dengan teknik analisis data berupa statistik deskriptif dan statistic inferensial.
Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif, Self-efficacy siswa tergolongkategori tinggi, Curiosity siswa tergolong kategori sedang, Komunikasi Teman Sebaya tergolong sedang, dan Hasil Belajar Matematika siswa tergolong kategorikurang. Dari hasil analisis inferensial menggunakan analisis jalur dan tarafsignifikan uji = 0,050, diperoleh persamaan Sub-struktur 1 dengan Sig.Uji t sebesar 0,000 maka Self-efficacy berpengaruh terhadap Curiosity. Pada analisis Sub-struktur 2 dengan Sig.Uji t sebesar 0,000 maka Curiosity berpengaruh terhadap Komunikasi Teman Sebaya. Pada analisis Sub-struktur 3 dengan Sig.Uji t sebesar 0,000 maka Self-efficacy berpengaruh terhadap Komunikasi Teman Sebaya. Pada analisis Sub-struktur 4 dengan Sig.Uji F sebesar 0,000. Secara parsial dengan menggunakan Sig. uji t, berturut-turut diperoleh Self-efficacy berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika; Curiosity berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika; dan Komunikasi Teman Sebaya berpengaruh terhadap Hasil Belajar Matematika. Dengan demikian terdapat pengaruh Self-efficacy, Curiosity dan Komunikasi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika.
Kata kunci: Curiosity, Hasil Belajar Matematika, Komunikasi Teman Sebaya,Self-efficacy
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH SELF-EFFICACY, CURIOSITY DAN KOMUNIKASI TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2019/2020 |
---|---|
Pengarang | GHAZIAN NURIN IZZATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci: Curiosity, Hasil Belajar Matematika, K |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY