Detail Cantuman Kembali
ENIMARDIANA USAT - Personal Name

PENINGKATAN KEMAMPUANBAHASALISAN ANAKUSIA 5-6 TAHUNMELALUI MEDIACERITA BERGAMBAR DI TKKRISTENIMMANUELSAMARINDA



Enimardiana Usat, 2019.Peningkatan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Cerita Bergambar di TK Kristen Immanuel Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Evie Palenewen,M.Pdselaku pembimbing I danDr. Malpaleni Satriana, M.Pdselaku pembimbingII.
Masa anakusia dini adalah masa usia emas.Perkembangananak padasemua aspek perkembangan dapat dengan mudah di stimulasisecara optimal.
Hal ini seringjuga disebut dengan istilah(golden age). Kemampuanbahasaanak merupakan suatu hal yang penting karena dengan bahasa tersebut anak dapat berkomunikasi dengan teman atau orang-orang disekitarnya. Penelitian ini bertujuanuntukmengetahui peningkatankemampuanbahasalisan anakusia 5-6 tahun melalui media cerita bergambar di TKKristenImmanuel Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kristen Immanuel Samarindayakni pada Kelompok Bsebanyak12siswa. Pengumpulan data
dalam penelitian ini yakni dengan menggunakanobservasi dan dokumentasi.metode yang digunakan pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bercerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa lisan anak usia 5-6 Tahun di TKKristenImmanuel Samarinda. Siklus Ipada pertemuan 1 rata-rata kemampuan bahasa lisan anakyaitu 36,8%, kemudian pertemuan 2 meningkat menjadi 45,8% dan mingkat lagi pada pertemuan 3 menjadi 58.33%. Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 54,9% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 68,1% kemudian meningkat lagi pada pertemuan 3 menjadi 72.2%.
Sementara itu, pada tindakan Siklus III yaitu pertemuan 1 di peroleh hasil 77,1% kemudian pada pertemuan 2 mencapai 86,8%kemudian meningkat menjadi 88.88% pada pertemuan 3 dengan persentase nilai rata-rata kemampuanbahasa lisan anak yang termasukkriteria baik telah mencapai
84.25%.
Kata Kunci:Kemampuan Bahasa Lisan,Cerita Bergambar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN KEMAMPUANBAHASALISAN ANAKUSIA 5-6 TAHUNMELALUI MEDIACERITA BERGAMBAR DI TKKRISTENIMMANUELSAMARINDA
Pengarang ENIMARDIANA USAT - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci:Kemampuan Bahasa Lisan,Cerita Bergambar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIADINI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua