Detail Cantuman Kembali
CINDY OLIVIA - Personal Name

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMKN 19 SAMARINDA


Olivia, Cindy. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel dengan Pendekatan Inkuiri di SMKN 19 Samarinda. Skripsi,Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Azainil, M.Si, (II) Dra. Suriaty, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inkuiri pada materi sistem persamaan linier tigavariabel di kelas X SMK dan mengertahui hasil serta respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan di SMKN 19 Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembanganperangkat pembelajaran dengan pendekatan inkuiri. Subjek penelitian adalah kelasX Multimedia SMKN 19 Samarinda yang berjumlah 45 peserta didik. Terdapat 8 tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) uji coba pemakaian.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh LKPD dengan pendekataninkuiri yang telah divalidasi oleh tiga orang validator dan dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase penilaian sebesar 82,5%; lalu diujicobakan kepada 10 peserta didik dalam kelompok kecil menggunakan angket yang berisi 14 butir pernyataan dan diperoleh rata-rata skor 3,143 dengan kriteria baik/menarik, kemudian diperbaiki dan diujicobakan kembali kepada 35 peserta didik dalam kelompok besar dan diperoleh rata-rata skor 3,173 dengan kriteria baik/menarik.
Nilai rata-rata peserta didik pada uji coba pemakaian LKPD dengan pendekatan inkuiri masih rendah namun meningkat dibandingkan nilai rata-rata sebelumnya.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi sistem persamaan linier tiga variabel dengan pendekatan inkuiri baik/menarik untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Inkuiri, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Penelitian dan Pengembangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMKN 19 SAMARINDA
Pengarang CINDY OLIVIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Inkuiri, Lembar Kerja Peserta Didik (L
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua