TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DI WILAYAH KERJA UPT. PENYULUHAN PERTANIAN,PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN (PPPP) KECAMATAN MUARA WAHAU
MIRIT JAYANTI PUTRI. Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Kualitas Pelayanan Penyuluh Pertanian Lapangan di Wilayah Kerja UPT.Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (PPPP) Kecamatan Muara Wahau. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019 (dibawah bimbingan Nella Naomi Duakaju dan Nike Widuri).
Kepuasan petani terhadap kualitas pelayanan penyuluh diukur dengan membandingan antara persepsi petani terhadap pelayanan yang diberikan olehpenyuluh dengan harapan petani terkait pelayanan penyuluh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan petaniterhadap kualitas pelayanan penyuluh pertanian lapangan di wilayah kerja UPT.
Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (PPPP) Kecamatan Muara Wahau.
Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan di mulai pada bulan Juli hingga September 2019 di Kecamatan Muara Wahau. Metode pengambilansampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah 44 responden.
Menggunakan skala likert untuk menggambarkan persepsi dan harapan petani.
Metode anilisis data yang digunakan yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur tingkat kepuasan petani terhadap kualitas pelayanan penyuluh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi petani terhadap kualitaspelayanan penyuluh termasuk dalam kategori cukup baik dengan skor 74,30 danharapan petani terhadap kualitas pelayanan penyuluh termasuk dalam kategori penting dengan skor 90,14. Hasil Gap dengan skor -0,74 yang termasuk dalam kategori cukup puas dan nilai rata-rata IPA dengan skor 82% termasuk dalam kategori belum puas terhadap pelayanan penyuluh. Sehingga dapat disimpulkanbahwa harapan petani lebih tinggi dibandingkan persepsi yang diterima oleh petani yang artinya petani belum puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh penyuluh.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, PPL
Ketersediaan
Detail Information
Judul | TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DI WILAYAH KERJA UPT. PENYULUHAN PERTANIAN,PETERNAKAN DAN PERKEBUNAN (PPPP) KECAMATAN MUARA WAHAU |
---|---|
Pengarang | MIRIT JAYANTI PUTRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Kualitas Pelayanan, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY