Detail Cantuman Kembali
SHAFIQ MUHAYAT - Personal Name

PENGARUH KEBERADAAN SAMPAH PADAT TERHADAP HUTAN MANGROVE DI DESA BABULU LAUT KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA


Shafiq Muhayat, 2019. Studi Pengaruh Sampah Padat Terhadap Keberadaan Hutan Mangrove Desa Babulu Laut Kecamatan Babulu Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur (Dibimbing oleh Abdunnur dan Muhammad Syahrir R).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi, sebaran danpengaruh sampah padat yang terakumulasi pada wilayah hutan mangrove terhadapkeberhasilan persemaian biji yang tumbuh secara alami. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2018, Metode penelitian yang digunakan yaitu metode transek, teknik plot sub petak ukur kuadran diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis persentase tutupan sampah padat terhadap jumlah semai.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan secara keseluruhan komposisi sampah plastik dan persentase sampah hutan mangrove di Desa Babulu Laut dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu sampah plastik dan karung.
Sampah padat jenis plastik lebih dominan dan mendominasi seluruh transek yaitusebesar (77,5%). Sampah yang tidak dominan adalah sampah padat jenis karung sebesar (22,5%). Keberadaan sampah padat terhadap Jumlah semai sangat berpengaruh terhadap proses persemaian biji Avicenia sp dan Rhizopora sp di
Desa Babulu Laut faktor penghambat keberhasilan semai disebabkan tebalnyasampah padat yang terakumulasi pada lantai hutan mangrove dan mempengaruhi sistem perakaran yang menembus kedalam substrat sehingga tidak mendukung keberlangsungan pertumbuhan mangrove.
Kata kunci: Desa Babulu Laut, Mangrove, Sampah padat

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEBERADAAN SAMPAH PADAT TERHADAP HUTAN MANGROVE DI DESA BABULU LAUT KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang SHAFIQ MUHAYAT - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: Desa Babulu Laut, Mangrove, Sampah pad
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua