PENINGKATAN AKTIVITAS, KREATIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Latar belakang masalah yang mendasari dilakukannya penelitian tindakan kelas ini, yaitu rendahnya aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Kota pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas, kreativitas, serta hasil belajar IPA kelas IV SDN 004 Samarinda Kota dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian menggunakan
3 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 004 Samarinda Kota dengan jumlah siswa 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus III mengalami peningkatan dari siklus I dan II terbukti dari persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 37,2% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 55,6% dan pada siklus III meningkat menjadi 81,6% (peningkatan dari siklus I ke siklus III adalah 44,4%). Kreativitas belajar siswa mengalami peningkatan terbukti dari hasil observasi pada siklus I mencapai 39,1% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 58,9% dan pada siklus III meningkat menjadi 81,6% (peningkatan dari siklus I ke siklus III adalah 42,5%). Pendekatan keterampilan proses juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Kota yaitu dari siklus I hanya 36,8% siswa yang tuntas, siklus II meningkat menjadi 68,4% dan siklus III menjadi 84,2% siswa yang tuntas, sebanyak 3 orang siswa atau 15,8% tidak lulus dalam tes akhir yang dilaksanakan didalam kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, aktivitas, kreativitas, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Kota pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN AKTIVITAS, KREATIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS IV SDN 004 SAMARINDA KOTA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 |
---|---|
Pengarang | HESTY PERMATA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Aktivitas, Kreativitas, Hasil Belajar, Pendekatan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | MANAJEMEN KEPENDIDIKAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY