Detail Cantuman Kembali
MARLIAN - Personal Name

ANALISIS STRATEGI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PESISIR PANTAI SEGARASARI MANGGAR KOTA BALIKPAPAN

Responden yang berkunjung ke pantai Segarasari Manggar Kelurahan Manggar Kecamatan Balikpapan Timur datang dari beberapa daerah yang ada di Provinsi Kalimantan Timur dan ada juga pengunjung yang berasal dari luar Provinsi Kalimantan Timur. Responden yang paling banyak datang berkunjung ke pantai Segarasari Manggar berasal dari Kota Samarinda Musim libur Tahun 2016 di Pantai Segarasari Manggar mengalami
peningkatan signifikan. Bahkan, jumlah pengunjung di pantai Segarasari Manggar sesuai data Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Balikpapan mencatat kenaikan mencolok dibanding tahun lalu hanya 18.000 orang, tahun ini naik jadi 34.000 orang (naik 88%). Meningkatnya jumlah pengunjung tersebut satu di antaranya disebabkan waktu libur yang relatif panjang dan pantai jadi tempat yang menarik dikunjungi untuk berwisata. Penentuan sampel untuk pelaku usaha yang ada di pantai Segarasari Manggar menggunakan metode pengambilan sampel acak berstrata tidak proporsional (disproportionsted stratified random sampling) yaitu banyaknya subjek dalam setiap strata harus diketahui perbandingannya terlebih dahulu, kemudian ditentukan besarnya sampel dari keseluruhan populasinya.
Pengambilan sampel responden pengunjung pantai Segarasari Manggar menggunakan cara teknik sampel aksidental (Accidental Sampling Technique) yakni : pengunjung yang ditemui di lokasi penelitian langsung dijadikan responden. Besarnya sampel pengunjung 100 responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu tempuh yang dibutuhkan oleh pengunjung dari tempat asal hingga ke pantai Segarasari Manggar mayoritas selama lebih dari 90 menit (62 orang respnden), 35 orang memilki waktu tempuh 30–60 menit. Sisanya 3 orang membutuhkan waktu tempuh 60–90 menit. Hasil penelitian diketahui bahwa, pengunjung yang melakukan kegiatan wisata di pantai Segarasari Manggar memliki beberapa alasan yang berkaitan dengan kenyamanan (amenities) yaitu : pantai Segarasari Manggar merupakan satu di antara alternatif obyek wisata yang ada di Kalimantan Timur dengan biaya perjalanan wisata yang cukup terjangkau. Lokasi wisata ini memilki beberapa keunggulan dalam menciptakan amenities di antaranya udara yang sejuk dan bersih (persepsi dari 77 orang responden), bebas dari kebisingan kota dan tidak terdapat arus lalu lintas kendaraan yang dapat mengganggu kenyamanan dan adanya pelayanan yang cukup baik dari pengelola usaha kepada pengunjung (persepsi dari 23 orang responden)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PESISIR PANTAI SEGARASARI MANGGAR KOTA BALIKPAPAN
Pengarang MARLIAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Manggar Segasari, wisata pantai dan pantai
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Magister Ilmu Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua